UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Enterprise Risk Management Disclosure dan Intellectual Capital Disclosure pada Nilai Perusahaan

Sunitha Devi, Sunitha Devi (2016) Pengaruh Enterprise Risk Management Disclosure dan Intellectual Capital Disclosure pada Nilai Perusahaan. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
fc097c102f2438be02481c69c3d5686d.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Archive (BAB I)
7d3fa782ef72047cc043b300f642d368.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Archive (BAB II)
b893c73f96537d8e83299a26cf047046.pdf - Published Version

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT DISCLOSURE DAN INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE PADA NILAI PERUSAHAAN Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh Enterprise Risk Management (ERM) disclosure dan Intellectual Capital (IC) disclosure pada nilai perusahaan. Signalling theory menekankan pada pentingnya informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan bagi keputusan investasi pihak di luar perusahaan. Informasi ERM dan IC suatu perusahaan sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan investasi karena ERM dan IC merupakan faktor penunjang tercapainya tujuan organisasi yang mampu mendorong peningkatan performance perusahaan. Populasi penelitian berjumlah 272 perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di BEI dan mempublikasikan annual report tahun 2010-2014. Penentuan besarnya sampel menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 73 perusahaan nonkeuangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi EViews ® 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ERM disclosure dan IC disclosure berpengaruh positif dan signifikan pada nilai perusahaan. Ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol juga berpengaruh positif dan signifikan pada nilai perusahaan. Investor memiliki keyakinan bahwa hanya perusahaan yang memiliki kualitas tinggi saja yang bersedia memperluas ERM disclosure dan IC disclosure. Keyakinan tersebut mendorong investor untuk melakukan perdagangan saham yang akhirnya berdampak pada peningkatan nilai perusahaan. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah penggunaan variabel kontrol lainnya ke dalam model penelitian yang secara teoritis dan berdasarkan hasil-hasil empiris telah terbukti berpengaruh pada nilai perusahaan. Penelitian selanjutnya juga dapat menambah penggunaan variabel independen berupa disclosure lainnya yang juga sangat diminati investor dalam pasar modal saat ini. Kata Kunci: ERM disclosure, IC disclosure, ukuran perusahaan, nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ERM disclosure, IC disclosure, ukuran perusahaan, nilai perusahaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11708

Actions (login required)

View Item View Item