UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PELAFALAN BAHASA INGGRIS: STRATEGI PEMBELAJARAN MATERI FRONT OFFICE MELALUI KARTU TEMATIK BAGI MAHASISWA MANAJEMEN PERHOTELAN UNIVERSITAS DHYANA PURA

Made Suardika Jaya, Made Suardika Jaya, S.S. (2016) PELAFALAN BAHASA INGGRIS: STRATEGI PEMBELAJARAN MATERI FRONT OFFICE MELALUI KARTU TEMATIK BAGI MAHASISWA MANAJEMEN PERHOTELAN UNIVERSITAS DHYANA PURA. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
8e6e6fd0a42c34254723fba25e5c9426.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Archive (BAB I)
691e72ef711d7d0528559d920ac8140d.pdf - Published Version

Download (469kB)
[img] Archive (BAB II)
82966b8b820f2f4a96f4ece014332c1d.pdf - Published Version

Download (733kB)

Abstract

ABSTRAK PELAFALAN BAHASA INGGRIS: STRATEGI PEMBELAJARAN MATERI FRONT OFFICE MELALUI KARTU TEMATIK BAGI MAHASISWA MANAJEMEN PERHOTELAN UNIVERSITAS DHYANA PURA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pelafalan para mahasiswa Manajemen Perhotelan di Universitas Dhyana Pura terkait dengan konsep front office sekaligus meningkatkannya agar dapat menjadi lebih baik. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menerapkan metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu (1) untuk mengetahui kondisi kemampuan dasar (threshold level) pelafalan para mahasiswa terkait dengan konteks pembelajaran front office pada tahap pratindakan sebelum teknik kartu tematik dilaksanakan, (2) untuk memaparkan pelaksanaan teknik kartu tematik terhadap para mahasiswa untuk menghasilkan pelafalan yang tepat pada siklus I dan II, dan (3) untuk mengidentifikasi aspek-aspek fonetis yang menjadi kendala dasar dalam pelafalan para mahasiswa pada siklus I dan II. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan teori linguistik – fonetik, teori pembelajaran, teori kartu Flash Card Glenn Doman, dan konsep bermain peran. Seluruh data yang terkumpul terdiri atas data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif (berupa hasil yang diperoleh melalui pelaksanaan tes dalam setiap siklus yang dikonversi dalam bentuk nilai dan persentase). Sebaliknya, data kualitatif (berupa hasil yang diperoleh melalui proses pengamatan kelas, penyebaran angket/kuesioner, dan dokumentasi dalam bentuk foto). Hasil penelitian ini mengindikasikan tiga hal. Pertama, melalui pelaksanaan tes awal diketahui bahwa nilai tertinggi para mahasiswa diperoleh melalui aspek struktur, yaitu sebesar 58.67%, diikuti oleh aspek lafal (54.00%), intonasi serta kelancaran yang mendapat nilai sama (52.00%), dan nilai terendah didapat melalui aspek ekspresi (51.33%). Kedua, grafik kemampuan pelafalan para mahasiswa dalam dua siklus mulai meningkat (nilai tertinggi pada siklus I diperoleh melalui aspek intonasi dan struktur (63.45%), aspek ekspresi (62.76%), aspek lafal (61.38%), dan nilai terendah pada aspek kelancaran (57.93%) serta nilai tertinggi pada siklus II didapat melalui aspek lafal (68.97%), aspek struktur (68.28%), aspek intonasi dan ekspresi (67.59%), serta nilai terendah pada aspek kelancaran (63.45%)). Ketiga, kebanyakan mahasiswa menemukan kesulitan pada pelafalan kata-kata yang berkonsonan [v], [ʃ], [θ], [z], [ð] dan kata-kata yang berakhiran konsonan rangkap [-st] sesuai dengan prediksi sebelum penelitian dilaksanakan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik kartu tematik dapat meningkatkan kemampuan pelafalan istilah terkait dengan konsep front office para mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kantor depan, kartu tematik, pelafalan, penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11718

Actions (login required)

View Item View Item