UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

ANALISIS PENEMUAN HUKUM OLEH HAKIM DALAM PUTUSAN PRAPERADILAN NOMOR 04/PID.PRAP/2015/PN.JKT.SEL TENTANG PEMBATALAN STATUS TERSANGKA

Wajihatut Dzikriyah, WAJIHATUT DZIKRIYAH (2016) ANALISIS PENEMUAN HUKUM OLEH HAKIM DALAM PUTUSAN PRAPERADILAN NOMOR 04/PID.PRAP/2015/PN.JKT.SEL TENTANG PEMBATALAN STATUS TERSANGKA. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
5fe820bad99c99fc272ebd5376324a1c.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Archive (BAB I)
cf3bd7c3d74639575933d1abcb214fbe.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Archive (BAB II)
04388f8a9b127b826432abaf10eb876e.pdf - Published Version

Download (266kB)

Abstract

Hakim dapat melakukan suatu penemuan hukum dengan berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, namun dalam penerapannya hakim melakukan penemuan hukum dengan melampaui kewenangannya, salah satu contoh yang terjadi adalah dengan menafsirkan penetapan tersangka sebagai lingkup dari objek praperadilan sedangkan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana tidak mengaturnya, disamping itu pula terhadap hukum acara sebagai hukum formil tidak dapat dilakukan penafsiran secara bebas. Berdasarkan hal tersebut dibuatlah skripsi berjudul Analisis Penemuan Hukum Oleh Hakim dalam Putusan Praperadilan Nomor 04/Pid.Prap/2015/PN.Jkt.Sel tentang Pembatalan Status Tersangka. Adapun permasalahan yang diangkat adalah apa yang menjadi dasar pertimbangan hakim dalam memutus perkara praperadilan Nomor 04/Pid.Prap/2015/PN.Jkt.Sel yang pokok permohonannya tentang pencabutan status tersangka, dan bagaimana dampak dari perluasan objek praperadilan serta bagaimana pembaharuan yang dapat dilakukan kedepannya untuk mengatasi dampak tersebut. Metode hukum yang dipergunakan adalah metode hukum normatif, dengan menggunakan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier yang dikumpulkan melalui teknik studi dokumen yang dianalisis secara analisis deskripsi, kemudian diberikan evaluasi dan selanjutnya argumentasi. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kasus, pendekatan perundang-undangan, dan pendekatan analisis konsep hukum. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa merevisi KUHAP diperlukan untuk meminimalisir penafsiran yang melampaui batas mengingat sifat hukum formil tidak dapat ditafsirkan secara bebas demi kepastian hukum. Revisi tersebut dapat dilakukan dengan mengganti konsep praperadilan menjadi Hakim Komisaris yang lebih detail dan kewenangannya diatur lebih luas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Penemuan Hukum, Praperadilan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11733

Actions (login required)

View Item View Item