UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Performansi Briket Biomassa Batok Kelapa Muda dengan Variasi Waktu Penahan pada Proses Pirolisis Fluidisasi Bed Menggunakan Media Gas Argon

I Wayan Ambara Antara, I Wayan Ambara Antara (2016) Performansi Briket Biomassa Batok Kelapa Muda dengan Variasi Waktu Penahan pada Proses Pirolisis Fluidisasi Bed Menggunakan Media Gas Argon. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
63b9ac3c7c38c1ded2d92a43eb411890.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Archive (BAB I)
3b43dd159cfb493be8a9d7d416a3e39b.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Archive (BAB II)
2959516a201e882160713eb49c1a458a.pdf - Published Version

Download (902kB)

Abstract

Adanya peningkatan konsumsi pemakaian energi dan berkurangnya cadangan minyak bumi dan batu bara yang merupakan bahan bakar yang berasal dari fosil, maka dilakukan penelitian untuk menemukan cadangan sumber energi yang terbarukan, biomassa berpotensi dikembangkan menjadi sumber energi alternatif. Adapun biomasa yang potensial dikembangkan adalah batok kelapa muda karena ketersediaanya cukup melimpah, batok kelapa muda ini merupakan hasil sampingan dari pengolahan industri minuman, baik sekala menengah dan kecil, terutama yang berada di daerah tujuan wisata, apabila batok kelapa muda ini tidak dikelola bijak, justru akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap lingkungan. Untuk mengolah batok kelapa muda ini menjadi energi alternatif, mengalami kendala, antara lain kadar air dan asapnya tinggi, nilai kalor rendah, susah dalam proses kompaksi, serta kadar karbon masih rendah. Maka untuk mengatasi hal ini, digunakan teknologi pirolisis karena teknologi pirolisis ini menawarkan sejumlah keunggulan terutama pirolisis fluidisasi bed. Selama proses pirolisis fluidisasi bed ini digunakan gas argon sebagai media fluidisasi serta diberikan perlakuan berupa variasi waktu penahanan yang dimulai dari (15, 30, 45 dan 60) menit, dimana temperatur pirolisis yang digunakan yaitu 523oK, sehingga dengan adanya variasi waktu penahanan dan penggunaan media gas argon tersebut didapatkan perfomansi briket bioarang yang baik. Dari hasil penelitian diperoleh nilai kalor atas briket batok kelapa muda meningkat dari 16,33 MJ/Kg menjadi 19,84 MJ/Kg, nilai kalor bawahnya meningkat dari 15,14 MJ/Kg menjadi 19,36 MJ/Kg. Untuk uji proksimat analisisnya prosentase kandungan karbon tetapnya meningkat dari 2,46% menjadi 5,075%, kandungan moisturenya menurun dari 10,41% menjadi 4,73%, kandungan abunya meningkat dari 2,2% menjadi 4,83%, kandungan zat volatilenya berfluktuasi pada rentang 84,92% sampai 89,22%. Untuk uji ultimat analisisnya prosentase kandungan unsur karbon meningkat dari 43,84 % menjadi 51,53%, unsur lainya seperti Hidrogen, Oksigen, Nitrogen, Sulfur mengalami penurunan. Untuk uji gas mampu bakar, gas yang dihasilkan berfluktuasi mengikuti trend dari kandungan zat volatile yang terdapat pada bahan bakar tersebut. Adanya variasi waktu penahanan yang diberikan pada briket batok kelapa muda pada proses pirolisis fluidisasi bed menggunakan media gas argon, mampu memperbaiki nilai kalor bakar, meningkatkan fixed carbon, dan unsur karbon serta menurunkan kandungan unsur oksigen, hydrogen, nitrogen, sulfur, dan moisture content, dimana gas mampu bakar yang terbentuk mengikuti trend dari fluktuasi kandungan zat volatile yang terdapat pada bahan bakar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pirolisis, fluidisasi bed, batok kelapa muda, performansi briket
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11738

Actions (login required)

View Item View Item