UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT DALAM PENERBANGAN SIPIL INTERNASIONAL TERHADAP BIAYA PENCARIAN PESAWAT UDARA YANG HILANG (STUDI KASUS PESAWAT MH370)

Ratna Ayu Widiaswari, RATNA AYU WIDIASWARI (2016) TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT DALAM PENERBANGAN SIPIL INTERNASIONAL TERHADAP BIAYA PENCARIAN PESAWAT UDARA YANG HILANG (STUDI KASUS PESAWAT MH370). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
b088fc9d560107a0f831cd14103e9d45.pdf - Published Version

Download (471kB)
[img] Archive (BAB I)
b688802c889b5a8c1721f1b7e423765d.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Archive (BAB II)
1f26b83044da8323a6fbbb5171067ba8.pdf - Published Version

Download (247kB)

Abstract

ABSTRAK Sejak pesawat udara adalah teladan perangkat bergerak , dibangun untuk mengatasi jarak yang besar dalam waktu singkat, penerbangan sangat diperlukan untuk era ekonomi modern saat ini. Perjalanan dengan transportasi udara telah menjadi populer saat ini. Bahkan, pesawat udara adalah moda transportasi tercepat, dan lebih aman dari segala sisi dalam sejarah penerbangan udara komersial; Namun, pesawat udara juga memiliki beberapa risiko tapi kemungkinan dari setiap individu yang terlibat dalam kecelakaan fatal merupakan yang terendah dalam sejarah. Salah satu kasus yang paling fatal terjadi selama dekade ini adalah hilangnya pesawat Malaysia Airlines Penerbangan MH370. Upaya pencarian dan penyelamatan MH370 dimulai dan Australia mengambil alih upaya pencarian pada tanggal 17 Maret 2014, ketika pencarian bergeser ke Samudera Hindia Selatan. Pencarian MH370 masih berlangsung hampir selama dua tahun setelah menghilang dan biaya operasi pencarian ini terus meningkat. Dengan tidak adanya pengaturan dalam hukum internasional mengenai siapa yang akan menanggung biaya pencarian, dapat menimbulkan banyak permasalahan, Oleh karena itu, penting untuk mencari kewajiban pengangkut dan kerjasama pihak lain untuk menanggung biaya pencarian dan penyelamatan berdasarkan hukum internasional . Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian hukum normatif. Dipilihnya jenis penelitian hukum normatif karena penelitian ini menguraikan permasalahan-permasalahan yang ada dan selanjutnya dibahas dengan kajian berdasarkan teori-teori hukum kemudian dikaitkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penelitian ini akan membahas dua hal yaitu pertama, membahas bagaimana hukum penerbangan internasional mengatur kewajiban perusahaan penerbangan untuk pengangkutan internasional dari orang , bagasi , dan barang-barang. Kedua, membahas kapan pengangkut akan bertanggung jawab untuk biaya pencarian dan penyelamatan pesawat MH370. Penelitian ini, pertama, diharapkan dapat meningkatkan kewajiban pengangkut mengenai pengangkutan orang, kedua, adalah untuk mencapai solusi kolaboratif dalam kerjasama pencarian pesawat udara di masa depan Kata Kunci : Tanggung Jawab, Biaya Pencarian, MH370

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Biaya Pencarian, MH370
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11741

Actions (login required)

View Item View Item