UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PENINGKATAN PELAFALAN BUNYI PADA PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA BUDI UTAMA MELALUI METODE AUDIOLINGUAL

Ni Luh Putu Kalpikayanti, Ni Luh Putu Kalpikayanti (2016) PENINGKATAN PELAFALAN BUNYI PADA PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA BUDI UTAMA MELALUI METODE AUDIOLINGUAL. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
5d43cdcc50613d7e10dbe9e00e59fc9c.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Archive (BAB I)
6e7feb7c3d0ff9448a4ac97c3e1f3b94.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Archive (BAB II)
ebbeae4eda7df20917244829a6fefcd8.pdf - Published Version

Download (432kB)

Abstract

Tujuan tesis ini adalah untuk menganalisis kemampuan pelafalan percakapan bahasa Inggris kelas XI SMA Budi Utama sebelum metode audiolingual diterapkan dan penerapan metode audiolingual pada siklus I dan II serta untuk menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya kekeliruan dalam pelafalan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, perekaman, dan pencatatan. Metode kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang berupa rekaman kemudian ditranskripsikan dalam simbol fonetik dan dijelaskan secara kualitatif sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis penilaian guru yang berupa angka dalam rubrik penilaian. Hasilnya menunjukkan bahwa sebelum menggunakan metode audiolingual pada pratindakan peserta didik masih mengalami kesulitan dalam melafalkan bunyi [ð], [θ], [ʃ], [ʒ], bunyi diftong [aʊ], [eɪ], [aɪ], dan bunyi kluster [nd] dan [ght]. Penerapan metode audiolingual terbukti dapat meningkatkan pelafalan bahasa Inggris peserta didik yang dapat dilihat pada rerata peningkatan pelafalan peserta didik pada pratindakan sebesar 64%, pada siklus I sebesar 74%, dan pada siklus II sebesar 80% berbanding terbalik dengan rerata kekeliruan pelafalan peserta didik yang mengalami penurun pada pratindakan sebesar 62%, pada siklus I sebesar 32%, pada siklus II sebesar 12 %. Pada pratindakan Peserta didik cenderung mengganti bunyi yang dianggap asing dengan artikulasi yang dimilikinya, seperti bunyi [ð] diganti dengan bunyi [d], bunyi [θ] diganti dengan bunyi [t], bunyi [ʃ] diganti dengan bunyi [s], dan bunyi [ʒ] diganti dengan bunyi [s]. Penyimpangan pelafalan peserta didik disebabkan oleh pengaruh bahasa ibu dan bahasa pertama peserta didik, materi fonetik yang belum memadai, Metode pengajaran guru belum relevan, keterbatasan media dan fasilitas yang disediakan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pelafalan, percakapan, metode audiolingual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11748

Actions (login required)

View Item View Item