UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN BAKAR PERTALITE TERHADAP AKSELERASI DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR BERTRANSMISI OTOMATIS.

Anak Agung Wirakresnaningrat, Anak Agung Wirakresnaningrat (2016) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN BAKAR PERTALITE TERHADAP AKSELERASI DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR BERTRANSMISI OTOMATIS. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
2316365cd6d7d5c5eb065bf4e9479f80.pdf - Published Version

Download (763kB)
[img] Archive (BAB I)
6108cb38e902e197f6922717d18af017.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Archive (BAB II)
1ae58773aec670486385c46e07b977b3.pdf - Published Version

Download (608kB)

Abstract

Sebelum mengeluarkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite, Pertamina sudah memasarkan beberapa jenis BBM seperti Premium, Pertamax dan Pertamax Plus. Sebagai BBM dengan nilai Oktan paling rendah, maka premium mempunyai beberapa kelemahan. Dari aspek teknologi, Premium di dalam mesin kendaraan dengan kompresi lebih dari 9:1 akan terbakar dan meledak tidak pada waktunya pada saat gerakan piston sehingga menyebabkan Detonasi. Keunggulan Pertalite antara lain, Pertalite dinilai lebih bersih daripada Premium karena memiliki Research Octant Number (RON) di atas 88 yang terkandung dalam Premium. Kemudian harga jual Pertalite yang lebih murah ketimbang Pertamax dengan kadar RON 92. Meskipun sudah disampaikan keunggulannya, namun belum disampaikan hasil riset resmi untuk mengetahui kinerja mesin akibat pemakaian Pertalite. Maka dari itu perlu dilakukan pengujian kinerja mesin pada sepeda motor. Pengujian ini dilakukan pada kendaraan sepeda motor empat langkah dengan sistem transmisi otomatis dalam kondisi standar dengan bahan bakar Pertalite dibandingkan dengan Premium dan Pertamax. Pengujian dilakukan dengan variasi putaran mesin, pengujian akselerasi dengan putaran mesin dari 3000 rpm sampai dengan 6000 rpm dan pada pengujian emisi gas buang putaran mesin dari 3000 rpm, 3500 rpm, 4000 rpm, 4500 rpm dan 5000 rpm. Dari hasil pengujian akselerasi penggunaan bahan bakar Pertalite pada putaran engine 3000 – 6000 rpm menujukan akselerasi pada penggunaan bahan bakar Pertalite lebih baik dibandingkan pada penggunaan bahan bakar Premium dan kandungan emisi gas buang Pertalite secara garis besar berkurang pada gas HC, CO2, CO dan O2 sehingga dapat dikatakan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar Premium.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pertalite, Akselerasi, Emisi gas Buang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11763

Actions (login required)

View Item View Item