UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Strategi Pengembangan Kuta Lombok Sebagai Destinasi Pariwisata

Ander Sriwi, Ander Sriwi (2016) Strategi Pengembangan Kuta Lombok Sebagai Destinasi Pariwisata. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
6ba3e0a366fba98ac7766cd482eee53a.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Archive (BAB I)
d4d308bfef084a232a78feb1e3939ebc.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Archive (BAB II)
84394416a0841581ba07d548a5ab7a3d.pdf - Published Version

Download (368kB)

Abstract

ABSTRAK Program Studi S1 Industri Perjalanan Wisata Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Laporan Akhir A. Nama : Ander Sriwi B. Judul : Strategi Pengembangan Kuta Lombok Sebagai Destinasi Pariwisata C. Jumlah Halaman : xiv + 93 Halaman D. Ringkasan : Pulau Lombok adalah salah satu pulau yang terdapat di Indonesia yang memiliki luas hanya 5.435 km2 yang terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kotamadya. Pantai Kuta adalah salah satu destinasi wisata yang berada di Kabupaten Lombok Tengah bagian selatan, pantai Kuta Lombok biasa disebut sebagai pantai Putri Mandalika yang mmemiliki potensi wisata yang cukup tinggi, keindahan alam, sosial budaya serta tradisi masyarakat Kuta Lombok merupakan potensi yang harus dikembangkan sehingga mampu menarik minat wisatawan berkunjung ke Kuta Lombok. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengkaji potensi dan daya tarik wisata, serta memformulasikan strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan pariwisata Kuta Lombok sebagai destinasi pariwisata. Teori yang digunakan adalah teori perencanaan, metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dan analisis SWOT. Hasil yang diperoleh dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis SWOT bahwa, Kuta Lombok sangat layak untuk dikembangkan. Keindahan alam, laut serta pantainya dengan hamparan pasir putihnya yang eksotis ini merupakan potensi alam yang dimiliki Kuta Lombok, sedangkan potensi sosial budaya terdiri dari keunikan tradisi dan budaya masyarakat setempat seperti; upacara adat sasak, tradisi “Bau Nyale dan Presean”. Pengembangan potensi tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan strategi-strategi berikut; strength–opportunity (S–O) dengan strategi pengembangan destinasi pariwisata dan strategi pengembangan daya tarik wisata, strategi strength–threat (S–T) dengan Strategi peningkatan keamanan dan kenyamanan, strategi weakness–opportunity (W–O) dengan Strategi promosi destinasi pariwisata dan Strategi peningkatan kualitas lingkungan, weakness–threat (W–T) dengan strategi pengembangan sumber daya manusia. Hasil penelitian ini, diharapkan memberikan kontribusi dalam membuat perencanaan dan strategi pengembangan destinasi pariwisata. Pengembangan tersebut nantinya dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat kedepannya, terutama masyarakat setempat. E. Kata Kunci: strategi, pengembangan, destinasi, pariwisata, Kuta Lombok

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: strategi, pengembangan, destinasi, pariwisata, Kuta Lombok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11765

Actions (login required)

View Item View Item