UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Sistem Deskripsi Nutrisi Makanan Berbasis Website.

Baiq Sofia Hadra, Baiq Sofia Hadra (2016) Sistem Deskripsi Nutrisi Makanan Berbasis Website. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
cfb4c40728da099da84ee10b0ca8349a.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Archive (BAB I)
e635411f3a45b7f31cf535d83e357509.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Archive (BAB II)
532a655d632971bc1b8a793b04a3753f.pdf - Published Version

Download (403kB)

Abstract

Deskripsi nutrisi makanan dibutuhkan untuk mengetahui kandungan yang terdapat dalam makanan terlebih utuk menjalankan program diet. Info nutrisi akan memudahkan dalam mengetahui jumlah kalori yang diperlukan dan jumlah kalori yang harus dikeluarkan untuk menjaga tubuh agar sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan hal tersebut akan dibuatkan sebuah sistem deskripsi nutrisi makanan berbasis website yang akan mempermudah dan memberikan kenyamanan pengguna dalam mencari informasi yang terkait dengan makanan yang mendukung kesehatan mereka. Sistem deskripsi nutrisi makanan berbasis website ini dikembangkan menggunakan model proses waterfall. Tahapan proses yang dilakukan yaitu menganalisis dan mendefinisikan kebutuhan sistem dari data yang sudah didapatkan, dan dianalisis sebelumnya pada Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Sanglah yang berupa menu makanan serta nutrisi yang terkandung didalamnya, dari data tersebut didapatkan nama masakan, jenis masakan, nutrisi makanan, dan komposisi bahan masakan. Dari hasil definisi kebutuhan yang didapatkan selanjutnya desain sistem menggunakan DFD, dan ERD yang akan diterapkan dalam pembuatatan database. Metode hitung kebutuhan kalori pada saat implementasi sistem menggunakan tiga buah formula yaitu Mifflin-st Jeor, Harris Benedict dan Katch-Mardle. Proses uji sistem digunakan berdasarkan kebutuhan fungsional dan non-fungsional sistem untuk mengetahui sistem sudah optimal atau tidak. Hasil pengujian sistem deskripsi nutrisi makanan berbasis website sudah memenuhi kebutuhan fungsional dan non_fungsional. Sistem sudah mampu mendeskripikan makanan serta dapat memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan kalori yang diperlukan dan berdasarkan tingkat kecepatan akses sistem sudah berjalan optimal dengan tingkat akses

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Nutrisi, Diet, Kalori, Kesehatan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11772

Actions (login required)

View Item View Item