UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Perancangan Sistem Autentikasi User Mikrotik Menggunakan Media Sosial Dengan Application Programming Interface (API).

I Ketut Deni Satria Raharja, I Ketut Deni Satria Raharja (2016) Perancangan Sistem Autentikasi User Mikrotik Menggunakan Media Sosial Dengan Application Programming Interface (API). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
0808c790b53ea12164ebf3b4437f1cde.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Archive (BAB I)
7d4aa94c5278997f52dba86d32a1c86d.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Archive (BAB II)
3aaffdff7507aa7211cb69afa25d5c1c.pdf - Published Version

Download (460kB)

Abstract

Hotspot adalah sistem yang digunakan untuk mengautentikasi user pada jaringan lokal. Autentikasi yang digunakan berdasarkan pada protokol HTTP atau HTTPS dan dapat diakses dengan menggunakan web browser. Secara default hotspot ini menggunakan autentikasi username dan password untuk autentikasinya. Namun untuk mendapatkan username dan password tersebut, pengguna harus meminta kepada penyedia hotspot tersebut agar dapat menggunakan internet melalui sistem hotspot. Selain itu, penyedia hotspot tersebut ingin memaksimalkan manfaat dari hotspot tersebut salah satunya untuk mempromosikan usahannya melalui pengunjung yang pernah berkunjung ke tempat tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan menciptakan sistem autentikasi user mikrotik menggunakan media sosial dengan application programming interface (API). Sistem ini akan mengautentikasi user yang login dengan menggunakan media sosial, setelah terautentikasi user akan diminta untuk melakukan posting secara otomatis ke beranda dari media sosial yang digunakan. Setelah user berhasil melakukan posting maka akan diberikan akses internet oleh sistem. Penelitian menggunakan metode deskriftif dengan menganalisa data-data dan menggunakan data tersebut sebagai acuan pembangunan sistem. Sistem ini dikembangkan berbasis Web dengan memanfaatkan Bahasa Pemograman PHP, API PHP Class MikroTik, Facebook API, Twitter API, dan Database MySql. Pengujian dilakukan pada proses autentikasi dengan media sosial, sistem posting user sehingga mendapatkan internet, dan pengujian pada panel admin. Manfaat yang diperoleh dari sistem ini adalah user dapat secara mandiri melakukan autentikasi ke dalam sistem. Selain itu mempermudah administrator dalam mengelola data user. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi solusi mengatasi permasalah pengelolaan layanan hotspot yang secara default menggunakan autentikasi username dan password.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Hotspot, Mikrotik, Application Programming Interface (API), Facebook, Twitter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11777

Actions (login required)

View Item View Item