UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Umur dan Jumlah Tanggungan terhadap Pendapatan Buruh Wanita Melalui Alokasi Waktu Kerja (Studi Kasus pada Buruh Wanita di Pasar Badung)

Ni Nyoman Yoni Try Jayanti, Ni Nyoman Yoni Try Jayanti (2016) Pengaruh Umur dan Jumlah Tanggungan terhadap Pendapatan Buruh Wanita Melalui Alokasi Waktu Kerja (Studi Kasus pada Buruh Wanita di Pasar Badung). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
b0cc5f5c929bc910e25b4a060af0809c.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Archive (BAB I)
031b9c8e5c901ecf79a54fc6dba7bfd9.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Archive (BAB II)
a32e54e58c638c9a98ad514c9e584ba3.pdf - Published Version

Download (117kB)

Abstract

Ikut sertanya perempuan ke dalam sektor publik merupakan sebuah cerminan bahwa kualitas perempuan sebagai tenaga kerja semakin membaik. Peran serta wanita dalam aktivitas peningkatan pendapatan dapat terlihat dari besarnya pendapatan yang diperoleh. Wanita pekerja umumnya dianggap bukan sebagai pencari nafkah utama meski tidak menutup kemungkinan bahwa pendapatannya akan sangat berguna menunjang perekonomian keluarga Penelitian yang berjudul “Pengaruh Umur dan Jumlah Tanggungan Terhadap Pendapatan Buruh Wanita Melalui Alokasi Waktu Kerja (Studi Kasus Pada Buruh Wanita di Pasar Badung)” menggunakan jenis data primer. Penelitian ini menggunakan metode quota sampling dalam pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa Umur berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan buruh wanita di Pasar Badung sedangkan alokasi waktu kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan buruh wanita di Pasar Badung. Jumlah tanggungan dan alokasi waktu kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan buruh wanita di Pasar Badung. Umur dan jumlah tanggungan berpengaruh secara tidak langsung terhadap pendapatan buruh wanita melalui alokasi waktu kerja buruh wanita di Pasar Badung atau dengan kata lain alokasi waktu kerja merupakan variabel mediasi dalam pengaruh umur dan jumlah tanggungan terhadap pendapatan buruh wanita melalui alokasi waktu kerja. Semakin meningkatnya umur buruh wanita maka akan menyebabkan alokasi waktu kerja dan pendapatan buruh wanita akan menurun, dengan demikian perlu adanya pelatihan bagi buruh wanita yang sudah lanjut usia, karena pada usia yang sudah lanjut buruh wanita tidak dapat bekerja secara maksimal karena kondisi fisik yang sudah tidak kuat lagi. Sebagai upaya menambah pendapatan, buruh wanita di Pasar Badung dapat memanfaatkan waktu luang dengan membuat sarana upacara ceper yang dapat dijual kepada pedagang canang di Pasar Badung, sehingga mereka dapat memanfaatkan waktu luang yang dimiliki dan dapat menambah pendapatan untuk membiayai berbagai kebutuhan keluarga yang masih menjadi tanggungan mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: umur, jumlah tanggungan, alokasi waktu kerja, pendaptan buruh wanita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11786

Actions (login required)

View Item View Item