UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Hubungan Antara Pengembangan Agrowisata Subak dengan Modal Sosial pada Subak Jatiluwih Tabanan

Ni Made Sukraeni Asih, Ni Made Sukraeni Asih (2016) Hubungan Antara Pengembangan Agrowisata Subak dengan Modal Sosial pada Subak Jatiluwih Tabanan. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
54e8d5bd7d5cc29a647610c42a8e6215.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Archive (BAB I)
d8b75e6b4427a860fc17696564e1056b.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Archive (BAB II)
148b1cd3eb6073c73489fe98ade105b3.pdf - Published Version

Download (278kB)

Abstract

Di Bali sektor Pertanian berkaitan erat dengan sistem subak, karena subak mengelola sistem irigasi di sektor pertanian khususnya pertanian tanaman pangan, subak juga berfungsi mengatur pola dan jadwal tanam pada setiap musim tanam. Di Bali subak mulai berkembang sebagai destinasi agrowisata terutama setelah subak ditetapkan sebagai sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO. Predikat warisan budaya dunia nampaknya menjadi sarana promosi efektif untuk menarik kunjungan wisatawan berkunjung ke Subak Jatiluwih. Terbukti kunjungan wisatawan ke Subak Jatiluwih tersus meningkat setiap tahunnya tercatat dari tahun 2012 terdapat sekitar 97.909 orang wisatawan yang berkunjung dan terus bertambah menjadi 101.560 wisatawan di tahun 2013 dan 2014 meningkat menjadi 165.158 wisatawan peningkatan kunjungan ini menunjukan bahwa Subak Jatiluwih menjadi destinasi yang diperhitungkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang berwisata ke Bali. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pengembangan agrowisata subak dengan modal sosial pada Subak Jatiluwih Tabanan. Untuk melihat ada atau tidaknya hubungan antara pengembangan agrowisata subak dengan modal sosial pada Subak Jatiluwih Tabanan maka digunakan analisis uji korelasi rank spearman dan analisis deskriptif untuk melakukan pengolahan datanya. Dari hasil analisis uji korelasi rank spearman menunjukan pengembangan agrowisata tidak memiliki hubungan dengan modal sosial dimana hasil ini menunjukan bahwa pengembangan agrowisata tidak memiliki kaitan terhadap modal sosial pada Subak Jatiluwih. Sedangkan dari analisis deskriptif yang dilakukan pencapaian skor menunjukan kondisi modal sosial yaitu sebesar 76,72% yaitu berada pada kategori baik. Dari hasil tersebut menunjukan kondisi modal sosial sebelum dan sesudah adanya agrowisata tetap terjaga dengan baik. Saran yang dapat diberikan penulis, masyarakat Jatiluwih lebih perlu terlibat dalam kegiatan agrowisata agar masyarakat tidak hanya menjadi objek dalam agrowisata tetapi juga dapat menikmati dan memperoleh manfaat dari agrowisata yang mereka miliki saat ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Subak Jatiluwih, Agrowisata, Modal Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11787

Actions (login required)

View Item View Item