UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

SINERGITAS MASYARAKAT LOKAL DAN PEMERINTAH KABUPATEN GIANYAR DALAM MENGATASI KEMACETAN LALU LINTAS DI KELURAHAN UBUD

Wisnu Pramudya, Wisnu Pramudya (2016) SINERGITAS MASYARAKAT LOKAL DAN PEMERINTAH KABUPATEN GIANYAR DALAM MENGATASI KEMACETAN LALU LINTAS DI KELURAHAN UBUD. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
2b87891eb83dbd0b05cc37cf190e050c.pdf - Published Version

Download (476kB)
[img] Archive (BAB I)
2c4eeee300821962cc8cf56521e9e3d7.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Archive (BAB II)
7390a32872b7dde42744140d6a3fa555.pdf - Published Version

Download (278kB)

Abstract

ABSTRAK Program Studi Destinasi Pariwisata Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Skripsi A. Nama : Wisnu Pramudya B. Judul : SINERGITAS MASYARAKAT LOKAL DAN PEMERINTAH KABUPATEN GIANYAR DALAM MENGATASI KEMACETAN LALU LINTAS DI KELURAHAN UBUD C. Jumlah Halaman : xxii + 135 + 7 Lampiran D. Ringkasan : Kemacetan lalu lintas yang terjadi di Kelurahan Ubud merupakan permasalahan yang mendesak untuk segera diselesaikan, baik oleh masyarakat lokal maupun Pemerintah Kabupaten Gianyar. Perkembangan pariwisata yang signifikan tidak diiringi dengan pembangunan infrastruktur yang baik sehingga mengakibatkan timbulnya kemacetan. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa pariwisata telah memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan masyarakat setempat. Masyarakat mulai khawatir apabila masalah kemacetan tidak kunjung terselesaikan, wisatawan pada akhirnya akan meninggalkan Ubud dan mencari daerah tujuan wisata lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kemacetan, respon wisatawan terhadap kemacetan dan sinergitas masyarakat lokal dan pemerintah daerah dalam mengatasi kemacetan. Dalam penelitian ini, terdapat data kualitatif dan data kuantitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Teknik penentuan informan dimulai dengan menentukan informan pangkal, kemudian dilanjutkan dengan informan kunci. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan dijelaskan secara deskriptif. Penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab kemacetan lalu lintas di Kelurahan Ubud ditimbulkan secara langsung oleh dua kategori yaitu kategori internal dan kategori eksternal. Respon first-timer visitor terhadap kemacetan yaitu rata-rata merasa terganggu namun masih bisa memberikan toleransi. Sedangkan repeater visitor sama sekali tidak merasa terganggu dan bisa menoleransi adanya kemacetan. Sinergitas masyarakat lokal dan Pemerintah Kabupaten Gianyar terjadi dalam dua lingkup yaitu internal dan eksternal. Dalam lingkup internal sinergi terjadi antar elemen masyarakat sedangkan dalam lingkup eksternal sinergi terjadi antara masyarakat lokal dan pemerintah serta pihak-pihak terkait

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, Respon Wisatawan, Sinergi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11806

Actions (login required)

View Item View Item