UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Faktor-Faktor Pemilihan Lokasi dan Sebaran Minimarket Waralaba di Kecamatan Denpasar Barat

I Made Agus Dharmadiatmika, I Made Agus Dharmadiatmika (2016) Faktor-Faktor Pemilihan Lokasi dan Sebaran Minimarket Waralaba di Kecamatan Denpasar Barat. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
f1f233b97c5026436b3207ae52e9a53c.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Archive (BAB I)
9a37f8c238b0ccb4b21c498375281dd3.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Archive (BAB II)
0050a1a3d72836366f14ab1732968043.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Minimarket waralaba merupakan jenis usaha perdagangan ritel modern di Kota Denpasar dengan jumlah terbanyak berada di Kecamatan Denpasar Barat. Pertumbuhan minimarket waralaba yang sangat cepat, cenderung tidak terkendali dan terarah mengakibatkan salah satunya berdampak terhadap termarginalkan warung/toko tradisional. Disisi lain, adanya regulasi dari tingkat pusat hingga daerah belum mampu memberikan lokasi yang ideal bagi keberaan minimarket waralaba. Melihat kondisi tersebut, hal mendasar yang perlu dilakukan adalah mengetahui faktor-faktor pemilihan lokasi dan sebaran minimarket warlaba di Kecamatan Denpasar Barat sehingga dapat menjadi acuan dalam penataan ruang di Kota Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa deskriptif kualitatif. Permasalahan awal yang muncul adalah faktor-faktor pemilihan lokasi, faktor utama pemilihan lokasi terkait karekteristik pemanfaatan lahan, dan kecenderungan persebaran mininimarket waralaba di Kecamatan Denpasar Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor pemilihan lokasi minimarket waralaba di Kecamatan Denpasar Barat dipengaruhi oleh faktor aksesibilitas, faktor potensi site, faktor jarak pusat kota, faktor kawasan pariwisata, faktor pusat kegiatan, faktor sewa lahan, faktor keberadaan pesaing, dan faktor gaya hidup. Faktor-faktor tersebut direduksi sehingga diperoleh faktor utama pemilihan lokasi yaitu faktor kawasan perdagangan dan jasa/komersial, faktor kedekatan terhadap fasilitas pendidikan, faktor kedekatan terhadap fasilitas kesehatan, dan faktor pola hidup modern. Lokasi minimarket pertama kali berada pada daerah yang belum terdapat pesaing. Masuknya pesaing menyebabkan sebaran lokasi terjadi secara acak dengan mempertimbangan keuntungan aglomerasi dan adanya konsentrasi permintaan pasar. Sebaran minimarket secara tidak langsung mengalami kecenderungan pengelompokan terpusat/sentralisasi pada daerah pusat kota menyebar kearah barat yaitu daerah Desa Tegal Kertha, Desa Tegal Harum dan Desa Pemecutan Kelod yang secara tidak langsung membentuk desentralisasi dari pusat kota. Melihat dampak terhadap warung/toko tradisional sekarang ini diperlukannya upaya pembatasan pertumbuhan minimarket waralaba dan pemberdayaan usaha pedagang kecil sehingga keberadaan sektor kecil menengah mampu bertahan dan bersaing dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: lokasi, pola sebaran, minimarket waralaba
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11808

Actions (login required)

View Item View Item