UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Strategi Kesantunan Manga Meitantei Konan Vs Kaitou Kiddo Karya Aoyama Goushou

Ni Nengah Sri Wahyuni, Ni Nengah Sri Wahyuni (2016) Strategi Kesantunan Manga Meitantei Konan Vs Kaitou Kiddo Karya Aoyama Goushou. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
311eef5cdc4df12c6325f29818034fec.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Archive (BAB I)
4294d5fc2ac6aa2f2b93257a047954b0.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Archive (BAB II)
454b0af4f5083b793a757e20b7298925.pdf - Published Version

Download (328kB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Strategi Kesantunan Tuturan Imperatif dalam Manga Meitantei Konan vs Kaitou Kiddo karya Aoyama Goushou”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kesantunan dan faktor yang melatarbelakangi penggunaan strategi kesantunan dalam manga Meitantei Konan vs Kaitou Kiddo karya Aoyama Goushou. Penelitian ini menggunakan teori kesantunan dan skala kesantunan yang dikemukakan oleh Brown dan Levinson (1987). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode simak. Pada analisis data metode yang digunakan adalah metode padan dengan pendekatan pragmatik, serta metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan strategi kesantunan yang digunakan Konan dan Kid ketika melakukan tuturan ada 3 yaitu 1) strategi kesantunan tanpa basa-basi; 2) strategi kesantunan positif; 3) strategi kesantunan negatif. Faktor yang melatarbelakangi penggunaan strategi dalam tuturan imperatif Konan dan Kid adalah 1) kekuasaan; 2) jarak sosial; 3) pembebanan peringkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: muka positif, muka negatif, strategi kesantunan, tuturan imperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11811

Actions (login required)

View Item View Item