UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Gambaran Kejadian Nyeri Punggung Bawah Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat di Pelabuhan Benoa Tahun 2015

Gusti Ayu Sasmita Maharani, Gusti Ayu Sasmita Maharani (2016) Gambaran Kejadian Nyeri Punggung Bawah Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat di Pelabuhan Benoa Tahun 2015. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
c9ee34e0602402ef0eff5efdc1f2ce48.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Archive (BAB I)
48378acdbe3aac18369e0660ca777460.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Archive (BAB II)
ae38aa52a817eb337400c9cae7c70b1f.pdf - Published Version

Download (336kB)

Abstract

Pekerja bongkar muat barang rentan terkena nyeri punggung bagian bawah karena pekerjaan mereka mengangkat dan mengangkut barang yang pada umumnya tidak memenuhi standar ergonomi. Nyeri punggung bawah adalah nyeri yang dirasakan di daerah punggung bawah, dapat merupakan nyeri lokal maupun nyeri radikular atau keduanya. Nyeri punggung bawah menyebabkan gangguan aktivitas sehari-hari, disabilitas dan produktifitas penderitanya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kejadian nyeri punggung bawah pada tenaga kerja bongkar muat di Pelabuhan Benoa Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Benoa dengan rancangan penelitian cross-sectional. Sampel penelitian adalah seluruh tenaga kerja bongkar muat di Pelabuhan Benoa yang berjumlah 48 orang. Analisis data dilakukan secara deskriptif univariat untuk mengetahui distribusi dari variabel penelitian dan bivariat untuk mengetahui perbedaan antara nyeri punggung bawah dengan variabel penelitian yang diuji dengan menggunakan metode chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 37,5% responden berada pada kelompok umur 31-40 tahun dan umur ≥41 tahun. Responden memiliki IMT dengan kategori gemuk sebesar 52,1%. Sebagian besar (85,4%) responden mengangkut barang dengan berat beban 46-60 kg pada saat menaikkan barang ke atas truk dan 79,2% responden mengangkut barang dengan posisi yang salah. Letak kesalahan responden pada saat mengangkut barang yaitu pada posisi berdiri langsung membungkuk ketika mengangkut barang, sehingga posisi tulang punggung tidak tegak lurus. Distribusi kejadian nyeri punggung bawah pada tenaga kerja bongkar muat di Pelabuhan Benoa berdasarkan lasegue test sebagian besar pekerja (66,7%) mengalami nyeri punggung bawah dengan hasil lasegue test positif. Pihak perusahaan dapat memberikan sosialisasi dan pelatihan tentang tata cara kerja yang baik dan benar yang sesuai dengan standar ergonomi kepada tenaga kerja bongkar muat barang serta penanganan dan pencegahan nyeri punggung bawah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : penaykit akibat kerja, nyeri punggung bawah, tenaga kerja bongkar muat, posisi angkut barang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11813

Actions (login required)

View Item View Item