UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA JASA GO-JEK ATAS PENYALAHGUNAAN DATA PRIBADINYA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

I Gusti Ayu Dea Ranti Ranita, I GUSTI AYU DEA RANTI RANITA (2016) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNA JASA GO-JEK ATAS PENYALAHGUNAAN DATA PRIBADINYA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
2cbb40fb2365ded12b8380774943d258.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Archive (BAB I)
e147135ba2da66f035ace243acda454b.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Archive (BAB II)
df2a0d617687046d804ad79c43ebf8d2.pdf - Published Version

Download (256kB)

Abstract

Berbagai perkembangan merubah gaya hidup masyarakat, salah satunya ialah aspek efisiensi dan kemudahan yang diinginkan. Berbagai perusahaan teknologi di bidang transportasi terus menjamur di Indonesia, salah satunya ialah Go-Jek. Kehadiran jasa ini menjadi solusi efektif dalam memberikan kemudahan, namun turut pula diikuti dengan adanya resiko. Salah satunya ialah penyalahgunaan data pribadi konsumen. Ditarik permasalahan yakni, pertama mengenai hubungan hukum antara perusahaan Go-Jek, pengemudi Go-Jek, dan pengguna jasa Go-Jek, serta yang kedua mengenai perlindungan hukum pengguna jasa Go-Jek atas penyalahgunaan data pribadinya. Pentingnya dikaji akan hal ini karena penyalahgunaan data pribadi tentu saja dapat merugikan pengguna jasa Go-Jek dan terkait hak pribadi seseorang. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah yuridis normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan analisis konsep hukum. Selanjutnya digunakan teknik analisis yuridis deskriptif, teknik evaluasi, dan teknik argumentasi dalam kajian terhadap berbagai bahan hukum baik bahan hukum primer, sekunder, maupun tersier tentang perlindungan hukum data pribadi, khususnya bagi pengguna jasa Go-Jek. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hubungan hukum antara perusahaan Go-Jek dengan pengemudi Go-Jek merupakan hubungan kemitraan, dan hubungan yang terjadi dalam pengguna jasa Go-Jek baik dengan perusahaan Go-Jek maupun dengan pengemudi Go-Jek bukanlah hubungan hukum berdasarkan perjanjian (kontraktual). UU ITE memberi perlindungan hukum terhadap pengguna jasa Go-Jek atas penyalahgunaan data pribadinya berbentuk perlindungan hukum preventif dan represif. Perlindungan hukum preventif dilihat dalam Pasal 26 ayat (1), sedangkan perlindungan hukum represif diberikan dalam Pasal 26 ayat (2), kemudian selanjutnya dilihat pula pada Pasal 38 dan Pasal 39. Di lain hal korban penyalahgunaan data pribadi dapat mengajukan gugatan perdata atas dasar perbuatan melanggar hukum. Disarankan agar pemerintah membentuk suatu pranata hukum baru yang khusus mengatur mengenai perlindungan data pribadi, dan masyarakat sebagai konsumen juga harus teliti sebelum menggunakan suatu jasa yang berkaitan dengan pemberian data pribadi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Data Pribadi, Go-Jek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11816

Actions (login required)

View Item View Item