UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi Dan Sistem Informasi Pada Kesiapan Penerapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Aktual Di Pemerintahan Kabupaten Badung.

Ida Bagus Gede Bayu Permana, IDA BAGUS GEDE BAYU PERMANA (2016) Pengaruh Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi Dan Sistem Informasi Pada Kesiapan Penerapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Aktual Di Pemerintahan Kabupaten Badung. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
0c544848ba77955e2fe1da074ba71ae8.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Archive (BAB I)
6c250b17ce84b66d98da1723c7c8a9a0.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Archive (BAB II)
81ad2bc8992b4fdbc2aa762e8cd99a63.pdf - Published Version

Download (192kB)

Abstract

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 yang dipertegas dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 63 Tahun 2013 Mengamanahkan bahwa penerapan akuntansi berbasis akrual di pemerintahan Kabupaten dan Kota adalah Bersifat mandatory. Kondisi ini mengharuskan pemerintah provinsi, Kabupaten dan Kota sudah menerapkan laporan keuangan berbasis akrual pada laporan keuangan tahun 2015. Kesiapan penerapan sistem yang baru membutuhkan dukungan dari kesiapan Sumber Daya Manusia, Komitemen Organisasi dan Sistem Informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi, dan Sistem Informasi pada Kesiapan Penerapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual. Pengujian Pengaruh Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi , dan Sistem Informasi pada Kesiapan Penerapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual dalam penelitian ini menggunakan Uji regresi Linier Berganda. Penelitian dilakukan pada bagian keuangan Sekretariat daerah Kabupaten Badung, dengan menggunakan 74 responden. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pengaruh Sumber Daya Manusia, Komitmen Organisasi, dan Sistem Informasi berpengaruh positif signifikan pada Kesiapan Penerapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual. Untuk itu dalam upaya meningkatkan kesiapan pemerintah daerah untuk menerapkan laporan keuangan berbasis akrual, para pengambil kebijakan di Pemerintah Kabupaten Badung perlu meningkatkan Kesiapan Sumber Daya Manusia, Membangun Komitmen Organisasi dan membenahi Sistem Informasi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kualitas sumber daya manusia, komitmen organisasi, sistem informasi, penerapan SAP berbasis akrual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11833

Actions (login required)

View Item View Item