UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Revitalisasi Pasar Tradisional dan Sumber Daya Pedagang Terhadap Kinerja Pedagang Pasar di Kota Denpasar

A.A. Gd. Prathiwa Pradipta, A.A. Gd. Prathiwa Pradipta (2016) Pengaruh Revitalisasi Pasar Tradisional dan Sumber Daya Pedagang Terhadap Kinerja Pedagang Pasar di Kota Denpasar. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
e3fd217948d16cc686a265ed800488ae.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Archive (BAB I)
fbe633bd9121137039de97f080882c7f.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Archive (BAB II)
d373b29b51d1be0a85275bafe7c735c8.pdf - Published Version

Download (191kB)

Abstract

Pasar adalah tempat dimana calon pembeli dan penjual melakukan transaksi untuk memperoleh suatu barang dan jasa dengan sejumlah pengorbanan. Pasar dibagi menjadi dua jenis yaitu pasar modern dan pasar tradisional. Pasar modern merupakan pasar yang dikelola pelayanan dilakukan secara mandiri dan dilayani oleh pramuniaga. Pasar tradisional merupakan pasar yang memiliki aktivitas jual beli yang sederhana, terjadi tawar menawar dengan alat pembayaran berupa uang tunai. Kedudukan pasar tradisional masih tetap penting dan menyatu dalam kehidupan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh revitalisasi pasar tradisional terhadap kinerja pedagang pasar di Kota Denpasar dan untuk mengetahui pengaruh sumber daya pedagang terhadap kinerja pedagang pasar di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan dua metode analisis, yaitu analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Analisis faktor digunakan untuk memperoleh skor faktor dari variabel laten yang dibentuk oleh variabel indikator, sedangkan analisis regresi digunakan untuk menganalisis pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil analisis menunjukkan secara parsial variabel revitalisasi pasar dan sumber daya pedagang berpengaruh signifikan terhadap kinerja pedagang di Kota Denpasar. Analisis terhadap faktor-faktor yang diuji dalam penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja pedagang di Kota Denpasar adalah variabel revitalisasi pasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pasar tradisional, revitalisasi pasar, sumber daya pedagang dan kinerja pedagang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11841

Actions (login required)

View Item View Item