UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengembangan Gamelan Jegog Kelurahan Sangkaragung Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Jembrana.

I Komang Edy Wirawan, I Komang Edy Wirawan (2016) Pengembangan Gamelan Jegog Kelurahan Sangkaragung Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Jembrana. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
1890dfc6d0ae591a354c07714ac060da.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Archive (BAB I)
bc3645d0701ab384b206390d898ea648.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Archive (BAB II)
1f7de6bb99064520dcd473d762554ee4.pdf - Published Version

Download (292kB)

Abstract

ABSTRAK Gamelan jegog adalah gamelan khas Kabupaten Jembrana yang dibuat dari bambu dan menghasilkan nada-nada indah. gamelan jegog adalah salah satu jenis kesenian yang berpotensi menjadi daya tarik wisata di Kabupaten Jembrana. Sampai saat ini pengembangan gamelan jegog belum maksimal, karenanya perlu kajian tentang strategi pengembangan, serta partisipasi masyarakat dan pemerintah daerah, dalam mengembangkan mengembangkan gamelan jegog. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui potensi dan kendala gamelan jegog sebagai daya tarik wisata; mengetahui peran pemerintah dan partisipasi masyarakat; dan merumuskan strategi pengembangan yang dapat diterapkan gamelan jegog sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Jembrana. Data yang digunakan berupa data kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan juga dokumentasi. Analisis data menggunakan teori partisipasi dan teori manajemen serta melalui pendekatan SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi gamelan jegog dapat dianalisis melalui komponen 4A, dengan mengetahui atraksi, akses, fasilitas pendukung dan juga kelembagaan. Kendala pengembangan gamelan jegog yaitu, kendala fisik, kendala sumber daya manusia serta kendala-kendala lainnya yang dapat memberikan pengaruh terhadap pengembangan gamelan jegog. Partisipasi masyarakat Kelurahan Sangkaragung dan juga Pemerintah Kabupaten Jembrana dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengawasan telah dilakukan dengan baik guna pengembangan gamelan jegog. strategi pengembangan gamelan jegog dapat dilakukan dengan cara: Strategi SO (strength – opportunities) yaitu dengan pengembangan potensi wisata di Kabupaten Jembrana dan meningkatkan kerjasama dan pemanfaatan teknologi; Strategi WO (weaknesses – opportunities) dengan cara penggalian dana dalam pengembangan gamelan jegog dan memaksimalkan peran serta Pemerintah Provinsi Bali dalam promosi gamelan jegog; Strategi ST (strength –threats) dapat dilakukan dengan alternatif strategi yaitu penetapan gamelan jegog sebagai warisan budaya Indonesia dan penetapan standarisasi pementasan; dan Strategi WT (weaknesses – threats) harus ada branding terhadap kesenian gamelan jegog serta melakukan pembenahan sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan,Daya Tarik Wisata,Gamelan jegog
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item