UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Talk As Transaction melalui Guided Conversation pada Mahasiswa Perhotelan, STIPAR Triatmajaya, Bali

Ni Putu Yunik Anggreni, Ni Putu Yunik Anggreni, S.S. (2016) Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Talk As Transaction melalui Guided Conversation pada Mahasiswa Perhotelan, STIPAR Triatmajaya, Bali. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
92f411e43d9826cd9eeb735154667f4c.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Archive (BAB I)
bcfc79cdf45eea41e0b47f4fb7ff6f69.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Archive (BAB II)
afae59693e9fee361756e38e791db4df.pdf - Published Version

Download (821kB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan jabaran dari pendekatan dan prosedur pembelajaran yang difokuskan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode guided conversation merupakan sebuah metode pembelajaran dengan memberikan panduan percakapan atau perbincangan kepada mahasiswa pembelajar bahasa Inggris dengan tujuan memperlancar komunikasi dan meningkatkan hasil belajar berbicara. Panduan dapat berlangsung dalam durasi waktu tertentu baik di dalam maupun di luar ruang belajar. Penelitian ini menerapkan metode guided conversation yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris talk as transaction pada mahasiswa Perhotelan. Subyek penelitian adalah mahasiswa program Food Beverage semester 4 STIPAR Triatma Jaya, Badung, Bali tahun ajaran 2013/2014 dengan sample berjumlah 36 orang. Penelitian yang tergolong penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan empat tahapan, masing-masing perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Setiap siklus meliputi siklus pratindakan untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa dalam berbicara sebelum diterapkan metode guided conversation, dilanjutkan dengan siklus I yakni tahap penerapan metode guided conversation, dan siklus II sebagai tahap koreksi untuk mengetahui hasil belajar. Data dijaring dengan 4 instrumen, mencakup tes, observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Hasil analisis disajikan dalam bentuk grafik dan tabel untuk mendukung paparan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode guided conversation dapat meningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris talk as transaction yang dibuktikan dari hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif. Secara kuantitatif terjadi peningkatan rerata dari setiap evaluasi tes. Hasil rerata pratindakan berkisar 72.00 yang mengindikasikan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa dengan kategori baik namun belum memenuhi kriteria kemampuan berbicara talk as transaction yang diperlukan oleh seorang pramusaji yang harus mampu berbicara lancar, baik, dan efektif. Setelah penerapan metode guided conversation pada siklus I nilai rerata mahasiswa meningkat menjadi 76.14 dan selanjutnya menjadi 81.86 pada siklus II yang mengindikasikan pencapaian sangat baik. -

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, talk as transaction, metode, guided conversation, pramusaji
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11864

Actions (login required)

View Item View Item