UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Perubahan Sosial Masyarakat di Blahbatuh Pada Tahun 1980 - 2015

Ngakan Putu Oka Segara, Ngakan Putu Oka Segara (2016) Perubahan Sosial Masyarakat di Blahbatuh Pada Tahun 1980 - 2015. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
8e51c3b7051b71be0bee7e64c653cc54.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Archive (BAB I)
6e1a984dd9ed840113a3f0ea70d0940b.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Archive (BAB II)
1b277c9080413c8684c452930b547268.pdf - Published Version

Download (290kB)

Abstract

ABSTRAK Blahbatuh merupakan kecamatan sekaligus desa masyarakat di wilayah kabupaten Gianyar yang tumbuh berkembang dari masa ke masa, dimulai dari pertumbuhan agraris berkembang menjadi perdagangan tradisional ke modern menuju pada pariwisata dengan berbagai permasalahan menyebabkan terjadinya perubahan sosial masyarakat di Blahbatuh yang menarik untuk diteliti. Aktor yang melakukan perubahan itu adalah masyarakat Blahbatuh yang merespon perkembangan jaman melalui aktivitasnya. Masalah penelitian dirumuskan: 1) Bagaimana gambaran umum wilayah Blahbatuh dan perubahan sosial yang terjadi?, 2) Faktor–faktor apa yang menyebabkan terjadinya perubahan masyarakat Blahbatuh? dan 3) Bagaimana Implikasi perubahan sosial pada masyarakat Blahbatuh?. Penelitian ini menggunakan pendekatan empiris yang digunakan sebagai suatu cara dalam menentukan sebab - sebab dari tejadinya perubahan sosial melalui aktivitas yang dirasakan mampu mengubah nilai-nilai yang dalam diri masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu teori perubahan sosial melalui aktivitas dan teori sejarah berdasarkan pondasi dasar jiwa jaman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriftif dan memiliki aliran gabungan dari aliran organik dengan personal-intuitive dalam penulisannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disimpulkan faktor penyebab terjadinya perubahan sosial di Blahbatuh ada beberapa faktor-faktor dari pengamat peneliti selama melakukan penelitian yaitu faktor panutan masyarakat, faktor informasi, faktor teknologi, faktor kepercayaan, faktor hubungan, faktor pendidikan dan faktor perekonomian masyarakat. Perubahan sosial masyarakat didasari dari faktor-fartor penyebab ini akan tetapi dalam pelaksanaannya (praktek) berbeda, memiliki arti yang sama. Ini tergantung pengetahuan masyarakat pada faktor-faktor penyebab ini dan juga dalam perkembangan mata pencaharian masyarakat berkembang sering berkembangnya zaman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial, Masyarakat Blahbatuh, Aktor Perubahan, dan Implikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item View Item