UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PENGELOLAAN PENGADUAN DALAM PEMBERIAN PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN TABANAN DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA

Ni Nyoman Putri Purnama Santhi, NI NYOMAN PUTRI PURNAMA SANTHI (2016) PENGELOLAAN PENGADUAN DALAM PEMBERIAN PELAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN TABANAN DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
f9488949668e882578d94d1acef359d9.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Archive (BAB I)
216c4d5dddf40d1263ec4fe2da18eb68.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Archive (BAB II)
3c4945d7aeb9d067e19b3b2dd338e7e8.pdf - Published Version

Download (347kB)

Abstract

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan sebagai organisasi publik merupakan unit organisasi pemerintahan yang berada pada pemerintah kabupaten adalah salah satu unsur pelaksana dari pemerintah daerah di bidang pelayanan publik. Fungsi utamanya adalah menjamin pemberian pelayanan (service) kepada masyarakat. Dengan demikian pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan dapat memberikan petunjuk mengenai baik-buruknya citra pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sebagai salah satu subjek penyelenggara pelayanan publik di daerah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis empiris yang beranjak dari kesenjangan antara penegakkan peraturan perundang-undangan terkait dengan penerapannya di lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan fakta, pendekatan perundang-undangan, dan pendekatan konseptual. Sumber data dalam skripsi ini dilakukan dengan penelitian secara langsung di lapangan yang meliputi pengumpulan data-data terkait dan wawancara. Adapun kesimpulan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Peraturan hukum yang mengatur mekanisme dan tata cara pengaduan dari masyarakat dalam pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten Tabanan adalah Keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan Nomor: 75/DKCS/2015 Tentang Penetapan Standar Pelayanan Pada Jenis Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 2) Dasar adanya pengelolaan pengaduan dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan maka kepuasan masyarakat terhadap proses pemberian pelayanan yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan dapat ditingkatkan. Hal tersebut ditunjukkan dengan terdapatnya pemberlakuan mekanisme pengelolaan pengaduan tersebut mendorong tingginya partisipasi masyarakat untuk mengajukan pengaduan atau keluhannya apabila mendapatkan pelayanan yang kurang maksimal. 3) Hambatan-hambatan yang dijumpai dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan secara garis besar berupa hambatan dari segi non hukum yakni masalah anggaran dalam penyelenggaraan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan, Kurangnya sosialisasi yang optimal terhadap masyarakat mengenai adanya mekanisme pengelolaan pengaduan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan, Minimnya Faktor Sarana Fasilitas Pelayanan dan Sarana Pengaduan untuk meningkatkan proses pelayanan dan pelaksanaan mekanisme pengelolaan pengaduan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengaduan, Pelayanan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tabanan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11882

Actions (login required)

View Item View Item