UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Peran dan Implementasi Strategi Pengembangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumba Tengah Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam Pembangunan pariwisata (Suatu Pendekatan Kualitatif)

Yelince Rambu Roku, Yelince Rambu Roku (2016) Peran dan Implementasi Strategi Pengembangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumba Tengah Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam Pembangunan pariwisata (Suatu Pendekatan Kualitatif). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
37bcb54ba2f9f4eba6a9a6e2ebc3867a.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Archive (BAB I)
19cf9ef8739270ee05768cb7294d2aa2.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Archive (BAB II)
3f9dcb3bb0c88cbfb1b3ee9064766aec.pdf - Published Version

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini berpijak dari banyaknya potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Fakta di lapangan menunjukkan potensi pariwisata tersebut belum dapat mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara. Peran pemerintah daerah, swasta dan masyarakat dituntut mampu bersinergi dalam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Sumba Tengah. Terutama Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah melalui Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) Dinas Kebudayaan dan Parwisata (Disbudpar), memiliki peran strategis sebagai pemangku kebijakan dan fasilitator pengembangan pariwisata. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui peran Disbudpar Kab. Sumba Tengah dalam pengembangan pariwisatadan untuk mengetahui implementasi strategi pengembangan pariwisata yang telah dilakukan. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan saran atau rekomendasi kepada Disbudpar Kab. Sumba Tengah berkaitan dengan peran dan implementasi strategi pengembangan kedepan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi kasus dengan menggunakan metode-metode kualitatif. Penelitian menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif serta data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam, metode observasi dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan teknik penyajian data secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Disbudpar Kab. Sumba Tengah sudah memiliki acuan untuk pembangunan pariwisata di daerahnya seperti Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Ripparda) termasuk analisis SWOT kelembagaan. Peran Disbudpar memang sudah berupaya menyesuaikan dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) sebagai lembaga birokrasi, namun perlu dipertimbangkan beberapa bidang yang harus dikaji keberadaannya untuk efektifitas dan efisensi lembaga. Permasalahan SDM secara kuantitas dan kualitas juga harus disikapi karena sangat berkaitan erat dengan pelaksanaan operasional kinerja. Implementasi strategi pengembangan pariwisata oleh Disbudpar Kab. Sumba Tengah, masing-masing bidang sudah berupaya menjalankan misi, tujuan, sasaran, strategi ,arah kebijakan dan mewujudkan dalam rencana kerja yang sudah direalisasikan. Hanya, terlihat dari rencana kerja Disbudpar Kab. Sumba Tengah masih kesulitan menjabarkan Ripparda Kab. Sumba Tengah yang disebabkan oleh banyak faktor. Secara keseluruhan dengan banyak keterbatasan yang dimiliki, Disbudpar Kab. Sumba Tengah sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan pembangunan kepariwisataan. Penting untuk diperhatikan dalam pengembangan pariwisata kedepan adalah memperhatikan koordinasi internal dan eksternal serta penetapan pasar potensial wisatawan sehingga akan memudahkan dalam pembangunan pariwisata seperti penetapan atraksi atau produk wisata unggulan dan persiapan SDM, infrastruktur maupun fasilitas pendukung lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran, Implementasi, Strategi, Pengembangan Pariwisata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11885

Actions (login required)

View Item View Item