UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Tuturan Orang Tua dan Anak dalam Acara Supernanny: Sebuah Kajian Tindak Tutur

Arif Rahman Hadi, Arif Rahman Hadi (2016) Tuturan Orang Tua dan Anak dalam Acara Supernanny: Sebuah Kajian Tindak Tutur. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
9bc4696e14935e94e25fe06abf2c117a.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Archive (BAB I)
8e684a9366f86ab1b8665a1f65411571.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Archive (BAB II)
82cb927c344792dcf7142d8f5a16a02a.pdf - Published Version

Download (355kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Tuturan Orang Tua dan Anak dalam Acara Supernanny: Sebuah Kajian Tindak Tutur” ini menganalisis tuturan yang muncul dalam komunikasi orang tua dan anak. Penelitian terhadap tuturan yang muncul dalam acara realitas ini dilandaskan pada teori pragmatik, terutama pada teori jenis tindak tutur (Levinson, 1983), fungsi tindak tutur (Searle, 1969), makna tindak tutur (Austin, 1962), prinsip kerja sama (Grice, 1975), dan prinsip kesantunan (Leech, 1989). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif secara pragmatis. Sumber data adalah data lisan dalam 17 episode pada musim kedua acara Supernanny. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi dengan analisis melalu cara reduksi data, menyusun data secara sistematis, pengklasifikasian data, dan melakukan analisis data. Penyajian hasil analisis dilakukan dengan menggunakan metode formal dan informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak tutur yang muncul adalah (a) tindak tutur langsung dan (b) tindak tutur tidak langsung. Orang tua menggunakan kedua jenis tindak tutur secara merata karena kebutuhan orang tua untuk menyatakan maksud dari kedua jenis tindak tutur. Sementara itu, anak lebih cenderung menggunakan jenis tindak tutur langsung. Penggunaan tindak tutur langsung cenderung dipahami secara literal oleh anak. Fungsi tindak tutur dalam acara realitas ini ditemukan fungsi (i) deklaratif adalah „memutuskan‟ dan „melarang‟, (ii) representatif adalah „menyatakan‟, „melaporkan‟, dan „memberi penilaian‟, (iii) komisif adalah fungsi untuk „berjanji‟, „mengancam‟, dan „menawarkan‟, (iv) direktif adalah fungsi untuk „memerintah‟, „mengajak‟, dan „memohon‟, dan (v) ekspresif untuk „mengucapkan terima kasih‟, „menyapa‟, „memuji‟, „meminta maaf‟, dan „ketidaksukaan‟. Orang tua lebih menunjukkan penggunaan fungsi yang lebih luas dibanding anak karena hirarki sosial yang ada. Fungsi ekspresif adalah fungsi yang paling sering digunakan yang mana orang tua lebih sering menggunakan fungsi ekspresif others centered karena peran sosial orang tua sebagai pendidik dan pengayom anak. Sementara anak-anak cenderung menggunakan self centered karena kebutuhan untuk menyampaikan perasaan. Makna tindak tutur yang muncul adalah lokusi, ilokusi dan perlokusi. Sementara itu, untuk prinsip kerjasama ditemukan ketaatan dan pelanggaran terhadap maksim (a) kuantitas, (b) kualitas, (c) hubungan, dan (d) cara. Pada prinsip kesantunan terdapat ketaatan dan pelanggaran pada maksim (i) kebijaksanaan, (ii) kedermawanan, (iii) penghargaan, (iv) kerendahan hati, (v) kecocokan, dan (vi) simpati. Kedua prinsip ini muncul tanpa menunjukkan hubungan linear. Konteks situasi sangat memengaruhi ketaatan dan pelanggaran terhadap kedua prinsip ini, terutama hubungan orang tua dan anak serta aspek sosiokultural tampak lebih mendominasi ketaatan dan pelanggaran pada kedua prinsip ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: jenis tindak tutur, fungsi tindak tutur, makna tindak tutur, prinsip kerjasama, prinsip kesantunan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11886

Actions (login required)

View Item View Item