UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA BERBASIS BUDAYA DI DESA WISATA TAMKESI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Arischtia Praevianti Taolin, Arischtia Praevianti Taolin (2016) PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA BERBASIS BUDAYA DI DESA WISATA TAMKESI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
94d10e8cdb454f49ea51a21123427beb.pdf - Published Version

Download (581kB)
[img] Archive (BAB I)
098da20d38d4eaad64350302ccee9bb2.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Archive (BAB II)
819f5d7dd5c954e98838883569b04eb2.pdf - Published Version

Download (485kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi pengembangan Desa Wisata Tamkesi, Kabupaten Timor Tengah Utara sebagai destinasi wisata berbasis budaya. Alasan penelitian ini dilakukan adalah pertama, desa ini memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya budaya yang mendukung pariwisata, kedua, Desa Tamkesi merupakan merupakan pusat Istana Kekaisaran Kerajaan Biboki yang terletak di atas bukit asri dan merupakan daerah konservasi. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui potensi budaya yang dimiliki oleh Desa Wisata Tamkesi sebagai salah satu daya tarik wisata dan bagaimana strategi pengembangan desa Tamkesi sebagai desa wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desa Wisata Tamkesi mempunyai potensi 4A yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Potensi atraksi seperti wisata alam, aksesibilitas serta fasilitas pendukung belum dikelola dengan baik dan belum memadai. Strategi yang dapat membantu dalam pengembangan wisata budaya di Desa Tamkesi yaitu: dengan mengetahui Desa Tamkesi memiliki fasilitas budaya budaya. Stakeholder utama yang menggerakkan dan menjalankan kegiatan pariwisata di desa tersebut yaitu kelompok usaha pariwisata berbasis adat yang berasas pada norma dan tata nilai Sonaf Tamkesi. Lembaga pariwisata Tamkesi melakukan kerjasama dengan cakupan wilayah yang lebih luas, yakni skala regional. Lembaga pariwisata Tamkesi berbasis adat juga mengkreasi rute kegiatan pariwisata dan dipasarkan dengan bekerja sama dengan beberapa asosiasi regional. Promosi dan informasi yang dilakukan tidak berlebihan, apa adanya, dan tidak mengada-ada. Lembaga pariwisata Tamkesi juga bekerjasama dengan pemerintah daerah atau LSM lainnya untuk melakukan riset pasar dan melakukan pengembangan paket wisata.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: budaya, desa wisata, potensi, strategi, pengembangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11901

Actions (login required)

View Item View Item