UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PERAN NOTARIS SEBAGAI MEDIATOR DALAM PENYELESAIAN SENGKETA ANTAR PARA PIHAK DI DENPASAR

I Putu Eka Damara, I PUTU EKA DAMARA (2016) PERAN NOTARIS SEBAGAI MEDIATOR DALAM PENYELESAIAN SENGKETA ANTAR PARA PIHAK DI DENPASAR. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
2308a1b64e2150edd94cc9fe398fa551.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Archive (BAB I)
f427ccd03e3cad9e73b55d7d51471b5b.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Archive (BAB II)
0e5f80b8be545cec27b67a882aa1aa5e.pdf - Published Version

Download (257kB)

Abstract

ABSTRAK Notaris sebagai pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik terkadang diminta untuk menjadi seorang mediator oleh para pihak untuk menyelesaikan sengketa yang terjadi antara para pihak terkait dengan akta yang dibuatnya. Permasalahan yang terjadi yaitu Bagaimanakahpengaturan notaris dalam menjalankan peran sebagai mediator di Denpasar? Dan Bagaimanakah pelaksanaan peran notaris sebagai mediator dalam penyelesaian sengketa antara para pihak di Denpasar? Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian hukum empiris. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara hukumempiris dengan melakukan penelitian pada beberapa notaris yang terdapat di kota Denpasar dapat diketahui bahwa (1) Pengaturan notaris dalam menjalankan peran sebagai mediatordi Denpasar termuat dalam ketentuan Pasal 15 ayat (2) huruf e UUJN Perubahan, Pasal 16 ayat (1) huruf a UUJN Perubahan, Pasal 16 ayat (1) huruf e UUJN Perubahan, Pasal 3 ayat (6) Kode Etik Notaris Tahun 2015, Pasal 3 ayat (7) Kode Etik Notaris Tahun 2015, dan dalam teks pidato sambutan Presiden Republik Indonesia pada peresmian pembukaan Kongres XV Ikatan Notaris Indonesia pada tanggal 4 Nopember 1993 di Istana Negara. Kesimpulan ke dua dalam penelitian ini adalah pelaksanaan peran notaris sebagai mediator dalam penyelesaian sengketa antara para pihak di Denpasar yaitu bagi pihak yang membuat suatu perjanjian dihadapan notaris, apabila terjadi suatu konflik atau sengketa yang berhubungan dengan akta tersebut, orang pertama yang diminta nasihat adalah notaris yang bersangkutan, dengan berperan sebagai mediator dalam upaya memediasi para pihak yang bersengketa maka upaya penyelesaian sengketa dengan kesepakatan bersama yang bersikap netral, dan tidak membuat keputusan bagi para pihak tetapi lebih berperan sebagai fasilitator demi terlaksananya dialog antara para pihak dengan suasana keterbukaan, kejujuran dan tukar pendapat untuk tercapainya mufakat. Sehingga dengan adanya kata mufakat permasalahan dapat diselesaikan dengan damai. Kata Kunci: Notaris, Mediator, Sengketa, Para Pihak

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Notaris, Mediator, Sengketa, Para Pihak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11907

Actions (login required)

View Item View Item