UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Reproduksi Seni Kekebyaran di Kota Mataran Nusa Tenggara Barat

I Gede Yudarta, I Gede Yudarta (2016) Reproduksi Seni Kekebyaran di Kota Mataran Nusa Tenggara Barat. Doctoral thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
b03ba4440998bfbebed7be63b3e1f249.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Archive (BAB I)
11ab84cbeb5f73a391cd0b1ee23c8e69.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Archive (BAB II)
5132588c0113fa2b17da6ad703b4a68b.pdf - Published Version

Download (143kB)

Abstract

ABSTRAK Seni kakebyaran merupakan bagian dari seni pertunjukan Bali yang mulai berkembang pesat pada awal abad XIX. Pesatnya perkembangan seni kakebyaran menjadikan seni pertunjukan ini tidak saja popular di wilayah Pulau Bali, meluas menembus ke wilayah provinsi dan negara-negara di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, salah satu wilayah penyebaran seni kakebyaran adalah di Pulau Lombok, khususnya di Kota Mataram. Adanya kebijakan di bidang budaya yang dikeluarkan oleh penguasa lewat jargon “Maju, Religius dan Berbudaya”, menegaskan orientasi pembangunan di Kota Mataram mempergunakan pendekatan nilai-nilai keagamaan yaitu Islam yang dianut secara mayoritas dan mengurangi simbol agama dan budaya lain. Fenomena ini menarik untuk dikaji karena di samping berhasil menembus wilayah kepulauan, keberadaan seni kakebyaran juga berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat di Kota Mataram. Sebagai budaya masyarakat minoritas tentunya menjadi tantangan bagi masyarakat etnik Bali untuk mengembangkan seni, tradisi dan budaya khususnya pengembangan seni kakebyaran. Untuk itu terkait dengan studi ini dirumuskan tiga permasalahan yaitu: 1) bentuk reproduksi seni kakebyaran, 2) mengapa terjadi reproduksi seni kakebyaran serta 3) bagaimanakah dampak dan makna reproduksi seni kakebyaran terhadap kehidupan seni dan budaya masyarakat di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Untuk membahas dan menganalisis beberapa permasalahan tersebut dipergunakan tiga teori di antaranya teori reproduksi budaya, teori identitas dan teori semiotika. Teori reproduksi budaya dipergunakan untuk membedah rumusan masalah pertama yaitu bentuk reproduksi seni kakebyaran. Teori identitas dipergunakan untuk menganalisis rumusan masalah kedua dan teori semiotika untuk membahas permasalahan ketiga. Dari ketiga teori tersebut tidak tertutup kemungkinan dipergunakan secara eklektis untuk membahas substansi pokok bahasan dan subpokok bahasan yang terdapat pada masing-masing bab. Penelitian dilaksanakan dengan mempergunakan metode kualitatif dengan berbagai teknik yang berlaku sesuai dengan paradigma kajian budaya. Di dalam pengumpulan data dipergunakan metode observasi partisipasi, wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka yang relevan. Analisis dan pembahasan permasalahan sebagaimana telah dirumuskan, dideskripsikan sebagai berikut: pertama, bentuk reproduksi seni kakebyaran terdapat beberapa aspek di antaranya musikalitas, bentuk dan instrumen, tata penyajian, fungsi, dan perannya di dalam penguatan budaya Bali dan Sasak. Kedua, penyebab terjadinya reproduksi seni kakebyaran, di antaranya: budaya, komunikasi budaya antara budaya Bali dan Sasak, agama, kehidupan sosial dan ekonomi. Ketiga, reproduksi seni kakebyaran berdampak terhadap kehidupan spiritual, sosio-kultural, dan berdampak ekonomis. Terkait dengan itu, makna yang ditimbulkan di antaranya, makna estetik/artistik makna kultural.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: reproduksi, seni kakebyaran, Kota Mataram
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11914

Actions (login required)

View Item View Item