UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Punguan Pomparan Raja Naiambaton (PARNA) pada Pemilukada Kabupaten Simalungun Tahun 2016

Bryan Anderson, Bryan Anderson (2016) Pengaruh Punguan Pomparan Raja Naiambaton (PARNA) pada Pemilukada Kabupaten Simalungun Tahun 2016. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
44f7fa8f222a710c2e11a7e44bf425bc.pdf - Published Version

Download (571kB)
[img] Archive (BAB I)
fbf9c19381361729c2ce6cddb20b38b6.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Archive (BAB II)
816ddea907a03573bae0d89a3167e1d7.pdf - Published Version

Download (217kB)

Abstract

Sistem kekerabatan masyarakat Batak dikenal sebagai kumpulan suatu kelompok yang terbentuk karena terdapatnya kesamaan marga dalam garis keturunan seorang raja. Sistem kekerabatan itu disebut sebagai Punguan Batak. Salah satu Punguan Batak yaitu Punguan Pomparan Raja Naiambaton (PARNA) terdapat di berbagai daerah Indonesia salah satunya Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pengaruh Punguan Parna pada pemilukada Kabupaten Simalungun tahun 2016. Teori yang digunakan adalah teori politik identitas dengan pendekatan primordialisme. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, legitimasi Punguan Parna sebagai mayoritas mendominasi masyarakat di Kabupaten Simalungun. Dampak politik dari legitimasi tersebut terhadap dominasi Punguan Parna di Kabupaten Simalungun salah satunya terlihat pada pemilukada dengan mendukung salah satu pasangan calon bupati yang merupakan dongan tubu (saudara semarga). Berdasarkan hasil temuan ditemukan bahwa masyarakat di Kabupaten Simalungun masih mengutamakan anak daerah untuk menjadi pemimpin di daerahnya. Hal ini juga dapat dilihat dari cara menentukan pilihan terhadap calon bupati, masyarakat Kabupaten Simalungun masih didasari oleh beberapa faktor yaitu hubungan darah, ras, agama, dan daerah. Penulis menganalisis bahwa faktor pengaruh Punguan Parna digunakan melalui nilai-nilai identitas dengan konsep pendekatan primordial untuk menarik simpati masyarakat agar memilih pasangan calon bupati JR Saragih-Amran Sinaga melalui semangat kesamaan hubungan darah, ras, agama, dan daerah. Penulis menganalisis bahwa faktor pengaruh Punguan Parna mendukung penuh, dengan harapan JR Saragih-Amran Sinaga menang agar dapat merepresentasikan kepentingan identitas Punguan Parna.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Punguan Parna, Pemilukada, Politik Identitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11915

Actions (login required)

View Item View Item