UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Proses Morfologis Penggabungan Gairaigo dalam Majalah Lips Volume 29

Cendy Rilenca, Cendy Rilenca (2016) Proses Morfologis Penggabungan Gairaigo dalam Majalah Lips Volume 29. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
4dbfc4ce3f3a222067c65e47bdc9d7e6.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Archive (BAB I)
1e3c70405f3492d0fb5281c2007fd849.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Archive (BAB II)
87fae6f64fc922a7feacf6958daa449d.pdf - Published Version

Download (324kB)

Abstract

Penelitian ini membahas “Proses Morfologis Penggabungan Gairaigo Dalam Majalah Lips Volume 29”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pembentukan penggabungan gairaigo dan makna leksikal penggabungan gairaigo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori compounding yang dikemukakan oleh O’Grady, Dobrovolsky, dan Katamba (1996) dan teori makna leksikal yang dikemukakan oleh Chaer (2009). Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik catat. Metode dan teknik analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik alih bahasa. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan metode formal dan informal. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua gabungan gairaigo berasal dari bahasa Inggris. Ada 3 kategori penggabungan gairaigo, yaitu penggabungan gairaigo berkategori kata benda, penggabungan gairaigo berkategori kata kerja, dan penggabungan gairaigo yang berkategori kata sifat. Penggabungan gairaigo berkategori kata benda terbentuk dari gabungan kata benda dengan kata benda, gabungan dari kata sifat dengan kata benda, dan gabungan dari kata kerja dengan kata benda. Penggabungan gairaigo berkategori kata kerja terbentuk dari gabungan kata benda dengan kata kerja. Penggabungan gairaigo berkategori kata sifat terbentuk dari gabungan kata benda dengan kata sifat dan gabungan dari kata sifat dengan kata sifat. Makna penggabungan gairaigo dikelompokkan menjadi 3 kategori. Makna yang sesuai dengan dua kata asalnya, makna yang dihasilkan dari satu kata asalnya, dan makna yang tidak sesuai dengan dua kata asalnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: morfologi, penggabungan, gairaigo
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11926

Actions (login required)

View Item View Item