UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Relasi Gramatikal Bahasa Makasae: Kajian Tipologi Sintaksis

Antonio Constantino Soares, Antonio Constantino Soares, S.S. (2016) Relasi Gramatikal Bahasa Makasae: Kajian Tipologi Sintaksis. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
71680b1259b312f58f06be6af38bfda7.pdf - Published Version

Download (690kB)
[img] Archive (BAB I)
3f6707b9aa770a32d53a2cfdbad5819e.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Archive (BAB II)
8241f71e3763fe049695e67de5351414.pdf - Published Version

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Relasi Gramatikal Bahasa Makasae: Kajian Tipologi Sintaksis”. Penelitian ini pada dasarnya bertujuan menelaah tentang struktur dasar klausa, sistem pivot, dan tipologi relasi gramatikal BMk sehingga diperoleh pemetaan yang komprehensif mengenai sistem gramatika BMk sebagai salah satu bahasa rumpun Melanesia yang hidup di RDTL. Pembahasan dalam penelitian ini merujuk pada teori Tipologi (2010) oleh Dixon untuk menelaah sistem pivot dan relasi gramatikal (BMk), sedangkan teori Tata Bahasa Relasional (1990) digunakan untuk menelaah klausa dasar (BMk). Data penelitian ini diperoleh dari para informan yang terpilih dan layak dijadikan informan. Data yang diperoleh dari para informan berupa kalimat sederhana dan kalimat kompleks yang dikumpulkan melalui elisitasi terjemahan dengan menggunakan metode linguistik lapangan dan metode introspektif-refleksif. Data yang telah diperoleh selanjutnya diklasifikasikan berdasarkan masing-masing rumusan masalah, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode agih. Hasil analisis data kemudian disajikan dengan menggunakan dua metode, yaitu metode formal dan metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur klausa BMk terdiri atas struktur klausa berpredikat nonverba dan klausa berpredikat verba. Dalam hal ini BMk tidak memiliki verba kopula sehingga verba kopula tidak hadir pada klausa berpredikat nonverbal. Sistem verba dalam BMk yang ditemukan merupakan verba asal tidak ada persesuaian (agreement) antara verba dan subjek atau verba dan objek. Begitu pula, BMk juga memiliki diatesis aktif-pasif yang merupakan salah satu ciri penting dalam bahasa bertipologi akusatif. Di samping diatesis aktif-pasif, BMk juga memiliki diatesis medial. Hasil analisis terhadap perilaku gramatikal pada konstruksi sintaktis menunjukkan bahwa secara sintaktis BMk termasuk bahasa yang memiliki sistem relasi gramatikal yang memperlakukan S sama dengan A dan memberi perlakuan yang berbeda kepada O. Pengujian terhadap konstruksi dengan verba tak terbatas dan konstruksi dengan pelengkap menunjukkan bahwa jika S berkoreferensi dengan A, maka pelesapan salah satu argumen dapat dilakukan secara langsung. Namun, apabila S berujuk-silang dengan O, maka diperlukan proses penurunan sintaktis (derivasi) melalui penopikan dan pemasifan (pasif analitik) supaya pelesapan bisa diizinkan. Berdasarkan uji pivot pada konstruksi koordinatif, subordinatif, dan adverbial, yakni membuktikan bahwa BMk bekerja dengan S/A pivot oleh karena itu BMk dikategorikan sebagai bahasa akusatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: tipologi, relasi gramatikal, bahasa Makasae
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11936

Actions (login required)

View Item View Item