UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Daya Tarik Wisata Pantai Pandawa, Kabupaten Badung - Desa Kutuh, Kuta Selatan

Robertus San, Robertus San (2016) Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Daya Tarik Wisata Pantai Pandawa, Kabupaten Badung - Desa Kutuh, Kuta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
338cfc33efb9d936f8efe428d8148e5d.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Archive (BAB I)
3356811933829627c9dd421b03dd33bc.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Archive (BAB II)
195b687d936ab1f57a5c541034b7e749.pdf - Published Version

Download (85kB)

Abstract

Pantai Pandawa merupakan salah satu daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Badung, Desa Kutuh, Kuta Selatan. Penelitian mengenai partisipasi masyarakat dalam pengembangan daya tarik wisata Pantai Pandawa dilatarbelakangi peneliti kurang mengetahui tahapan dan tingkatan partisipasi masyarakat yang diterapkan pada daya tarik wisata Pantai Pandawa seiring dengan jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat mengakibatkan masyarakat Desa Kutuh melakukan partisipasi dengan cara terlibat lansung dalam seluruh aspek kegiatan pariwisata di daya tarik wisata Pantai Pandawa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tahapan dan tingkat partisipasi masyarakat lokal serta upaya tim penata dalam meningkatkan partisipasi terhadap pengembangan daya tarik wisata Pantai Pandawa. Manfaat yang diperoleh adalah manfaat teoritis dan manfaat praktis. Penelitian ini dilakukan di Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kabupaten Badung, Kuta Selatan. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, studi kepustakaan. Data yang diperoleh dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk partisipasi masyarakat Desa Kutuh dalam pengembangan daya tarik wisata Pantai Pandawa dapat dilihat dari pengambilan keputusan, pelaksanaan program, evaluasi, dan pembagian hasil. Upaya masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat Desa Kutuh terdiri atas upaya yang telah dilakukan dan upaya yang akan dilakukan, serta kendala-kendala yang dihadapi masyarakat Desa Kutuh dalam meningkatkan partisipasi terhadap pengembangan daya tarik wisata Pantai Pandawa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan partisipasi masyarakat Desa Kutuh perlu ditingkatkan terkait promosi, Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat, pengembangan aktivitas air seperti : snorkeling, gelas bottom, merancang atau mendesain dengan baik atraksi wisata Tarian Kecak yang akan direncanakan, serta memanfaatkan rumput laut sebagai atraksi wisata tersendiri di daya tarik wisata Pantai Pandawa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11941

Actions (login required)

View Item View Item