UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengaruh Corporate Governance, Budaya Perusahaan Dan Kesempatan Pertumbuhan Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Hotel Berbintang Di Bali.

Ida Bagus Ega Pradnyana Putra, IDA BAGUS EGA PRADNYANA PUTRA (2016) Pengaruh Corporate Governance, Budaya Perusahaan Dan Kesempatan Pertumbuhan Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Hotel Berbintang Di Bali. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
478feaec9135b89a28840bb0b12c6b1f.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Archive (BAB I)
fd603cf5754178672f91b2d74fb83907.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Archive (BAB II)
7a1a48bbf39aaaa207a15a3f509d3f51.pdf - Published Version

Download (252kB)

Abstract

Corporate governance menjadi isu yang sangat penting dengan adanya krisis moneter yang pernah melanda negara-negara Asia, berkaitan dengan munculnya berbagai tuntutan terhadap pengelolaan perusahaan secara profesional dan transparan. Lemahnya corporate governace sering disebut sebagai salah satu penyebab terjadinya krisis keuangan di negara-negara Asia. Perbedaan budaya perusahaan antara perusahaan yang satu dengan perusahaan lain, sehingga tidak ada satu sistem perusahaan yang dapat diterapkan pada perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance, budaya perusahaan dan kesempatan pertumbuhan terhadap kinerja perusahaan pada hotel berbintang di Bali. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua hotel berbintang yang terdapat di Provinsi Bali berdasarkan data Direktori Dinas Pariwisata Bali tahun 2015 yang berjumlah 148 hotel. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purpose sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 143 hotel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda yang disertai dengan uji reliabilitas dan validitas serta uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis dengan uji reliabilitas dan validitas, semua instrumen dalam penelitian ini reliabel dan valid. Hasil uji asumsi klasik menyatakan bahwa variabel yang digunakan dalam penelitian ini tidak mengalami heterokedastisitas dan multikolinearitas. Selanjutnya berdasarkan analisis linear berganda dapat diketahui bahwa corporate governance dan budaya perusahaan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan sedangkan kesempatan pertumbuhan tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Walaupun secara statistik kesempatan pertumbuhan tidak berpengaruh tetapi variabel ini memiliki hubungan positif dengan kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: corporate governance, budaya perusahaan, kesempatan pertumbuhan, kinerja perusahaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11944

Actions (login required)

View Item View Item