UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA MAKANAN PADA KUTA CENTRAL PARK HOTEL, KABUPATEN BADUNG - BALI

Panji Immanuel Purba, Panji Immanuel Purba (2016) ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA MAKANAN PADA KUTA CENTRAL PARK HOTEL, KABUPATEN BADUNG - BALI. Diploma thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
538bf19f2a1d2fff8fdd1385c9df74e5.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Archive (BAB I)
ae63cf4608874f013906e398606033c1.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Archive (BAB II)
16bf503ba072d036c4586c94e4d92aff.pdf - Published Version

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengendalian biaya makanan dengan referensi khusus industri perhotelan. Salah satu hal yang sangat besar pengaruhnya terhadap penjualan makanan adalah biaya makanan. Oleh karena itu, pengendalian biaya tersebut perlu dilakukan agar perusahaan mendapat laba yang maksimal. Pengendalian tersebut diawasi dibagian pengendalian biaya sebagai bagian yang melakukan pengawasan biaya makanan setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen – komponen pembentuk yang perlu dipertimbangkan dalam pengendalian biaya makanan dan merumuskan pengendalian biaya makanan dari hasil perbandingan persentase biaya makanan pada Kuta Central Park Hotel, Kuta – Bali periode Januari – Juni 2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Sementara data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif Komponen – komponen pembentuk yang perlu diperimbangkan dalam pengendalian biaya pada Kuta Central Park Hotel, Kuta – Bali adalah : Persediaan awal, barang masuk, barang yang tersedia, penutupan persediaan, konsumsi kotor, barang yang tidak dikenakan biaya dan biaya penjualan makanan. Pengendalian biaya makanan periode bulan Januari – Juni 2015 pada Kuta Central Park Hotel, Kabupaten Badung – Bali pada dasarnya belum sesuai dengan yang di standarkan. Pembelian dan pemakaian bahan baku dalam membuat makanan juga belum konsisten pada prosedur standar yang berlaku, sehingga terjadi selisih biaya yang mengurangi keuntungan.. Adapun saran yang dapat diberikan hendaknya manajemen hotel meninjau kembali pembelian, pemakain, dan penyajian makanan yang akan dijual apakah sudah sesuai dengan yang distandarkan, agar selisih biaya makanan bisa diminimalisir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Biaya, Makanan, Hotel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item