UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PRAKTIK EKOWISATA DI KAMPUNG TRADISIONAL BENA, DESA TIWORIWU, KABUPATEN NGADA, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Muni Imelda Amtiran, Muni Imelda Amtiran (2016) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PRAKTIK EKOWISATA DI KAMPUNG TRADISIONAL BENA, DESA TIWORIWU, KABUPATEN NGADA, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
fc9c3fc9b1afa35528bbdd66cde8c109.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Archive (BAB I)
ba38b5ed40e03eeb1db15b6dceb65986.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Archive (BAB II)
e23a2058c04411f40b8574dc5833492e.pdf - Published Version

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Program Studi S1 Destinasi Pariwisata Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Skripsi A. Nama : Muni Imelda Amtiran B. Judul : Partisipasi Masyarakat Dalam Praktik Ekowisata Di Kampung Tradisional Bena, Desa Tiworiwu, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur C. Jumlah Halaman : xi+ 72 halaman + 15 lampiran D. Ringkasan : Dalam pengembangan ekowisata tentu sangat dibutuhkkan partisipasi masyarakat lokal untuk mendukung pengembangan ekowisata di daerahnya. Ekowisata sendiri merupakan jenis wisata alternatif yang memiliki tingkat interaksi yang tinggi antara masyarakat lokal dengan wisatawan yang mana masyarakat lokal sebagai tuan rumah mampu menjaga keberlanjutan alam dan budayanya. Dari kegiatan ini keaslian budaya lokal tetap dipertahankan dan wisatawan serta masyarakat lokal sama-sama mendapat nilai positif. Berdasarkan latar belakang diatas maka penelitian ini penting untuk dilakukan agar dapat mengetahui bentuk partisipasi masyarakat dalam praktik ekowisata serta interaksi masyarakat dengan wisatawan di Kampung Tradisonal Bena, Kabupaten Ngada. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif diperoleh dari sumber data, baik data primer maupun sekunder. Untuk memperoleh informasi digunakan teknik penentuan informan dengan teknik purposive sampling dan teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan konsep praktik ekowisata, Tosun’s typology of participation. Dari hasil penelitian dijelaskan bahwa dalam praktik ekowisata di Kampung Bena, masyarakat lokal sangat menjaga kelestarian alam dan budayanya, dan jika dilihat dari aspek “penggerak ekowisata yang dominan” tipe Masyarakat di kampung Bena masih sangat dominan. Ekowisata yang dirintis dan dikelola secara dominan oleh kekuatan dan kemampuan masyarakat lokal kampung Bena. Bentuk partisipasi masyarakat Bena dikategorikan dengan partisipasi terdorong ((Induced Participation) yaitu adanya dukungan, perintah, dan secara resmi disetujui. Pemerintah memiliki peran utama untuk memulai aksi partisipasif melalui strategi-strategi untuk mendorong dan melatih pemimpin lokal agar mengambil peran memimpin, membangun, kerjasama, dan mendukung masyarakat. Kata Kunci : Ekowisata, Interaksi, Partisipasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Ekowisata, Interaksi, Partisipasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11949

Actions (login required)

View Item View Item