UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

IMPLEMENTASI PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN WISATA MINAT KHUSUS (Studi Kasus di Baliwoso Camp, Desa Pengotan, Kabupaten Bangli)

Ade Wani Br. Purba, Ade Wani Br. Purba (2016) IMPLEMENTASI PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN WISATA MINAT KHUSUS (Studi Kasus di Baliwoso Camp, Desa Pengotan, Kabupaten Bangli). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
ee1a72a1dfe9d87218a4ede15e2806a0.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Archive (BAB I)
0b8ec19273e8cc1bd161f4afb46f5396.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Archive (BAB II)
e7943b4255d3e9ee77fbe9de1ad0e0d1.pdf - Published Version

Download (269kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul ”Implementasi Pariwisata Berbasis Masyarakat Dalam Pengelolaan Wisata Minat Khusus (Studi Kasus di Baliwoso Camp, Desa Pengotan, Kabupaten Bangli)” dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan pariwisata berbasis mayarakat dalam pengelolaan wisata minat khusus. Terutama di Desa Pengotan yang dimana sumber daya manusia yang di berayakan adalah masyarakat Desa Pengotan dalam mengelola wisata minat khusus Baliwoso Camp. Baliwoso Camp yang terletak di Desa Pengotan Kabupaten Bangli memiliki daya tarik wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi seperti daya tarik alam, budaya dan keramah-tamahan penduduk lokal. Fasilitas dan aktivitas yang ditawarkan Baliwoso Camp juga sangat beragam dan menarik dengan konsep perkemahan yang unik dan modern serta aktivitas yang melibatkan masyarakat lokal. Penelitian ini berguna untuk mengetahui sejauh mana implementasi pariwisata berbasis masyarakat yang di terapkan Baliwoso Camp di Desa Pengotan. hal ini juga berguna untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan jasa wisata yang diterapkan masyarakat Desa Pengotan terutama kepada wisatawan minat khusus. Dengan konsep community based tourism dan pemberdayaan masyarakat lokal Desa Pengotan sehingga dapat diketahui bagaimana implementasi tersebut diterapkan di Baliwoso Camp. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi dan wawancara langsung terhadap pengelola Baliwoso Camp. wawancara langsung terhadap manager camp serta beberapa masyarakat lokal Desa Pengotan baik sebagai pekerja tetap maupun sebagai pekerja paruh waktu. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa telah diterapkannya pemberdayaan dan pariwisata berbasis masyarakat di Baliwoso Camp, dan bertambahnya pengetahuan masyarakat Desa Pengotan dalam memberikan layanan jasa wisata terhadap wisatawan minat khusus. Dengan adanya kerjasama yang baik antara pengelola dan masyarakat Desa Pengotan akan memunculkan ide-ide dan kreatifitas untuk mengembangkan Baliwoso Camp sebagai daya tarik wisata minat khusus.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pariwisata berbasis masyarakat dan wisata minat khusus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11958

Actions (login required)

View Item View Item