UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Analisis Perilaku dan Kinerja Rangka Beton Bertulang Dengan dan Tanpa Breising Kabel CFC

P. Adi Yasa, P. Adi Yasa (2016) Analisis Perilaku dan Kinerja Rangka Beton Bertulang Dengan dan Tanpa Breising Kabel CFC. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
a83b5d0ce18690f1c6a9c0385fa17cdf.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Archive (BAB I)
3d7c96f4f2a6be237aac9b687cb4bb92.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Archive (BAB II)
4a7f10b7835b105f57daa65c85b97579.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Perubahan wilayah gempa dan spektrum respon pada peraturan perencanaan katahanan gempa untuk bangunan gedung dari SNI lama (SNI 1726-2002) menjadi SNI baru (SNI 1726-2012), memberikan peningkatan kebutuhan tulangan ataupun over stressed pada beberapa komponen struktur yang didesain dengan beban gempa SNI lama. Berdasarkan alasan tersebut, maka perlu dilakukan suatu perkuatan struktur, dan metode perkuatan yang dilakukan pada penelitain ini menggunakan breising kabel carbon fiber composite (CFC). Untuk mendapatkan perilaku breising kabel CFC (elemen frame) yang mendekati dengan ekperimen, maka perlu dilakukan analisis pushover untuk memvalidasi antara model pada SAP2000 dengan hasil eksperimen. Setelah itu dilanjutkan dengan memodel gedung empat lantai dengan dan tanpa breising kabel CFC untuk melihat pengaruh penambahan breising kabel CFC terhadap perilaku dan kinerja struktur. Gaya aksial pada breising kabel CFC dilihat dengan pemodelan breising sebagai elemen kabel pada SAP2000. Hasil dari validasi memperlihatkan bahwa terdapat prosedur penting dalam memodel breising kabel CFC, diantaranya adalah melakukan release moment and compression, serta reduksi modulus elastisitas 35% untuk joint flate plate serta 5% pada joint protrusion. Dari analisis nonlinear pushover dapat dilihat perubahan perilaku yang terjadi, dimana panambahan breising kabel CFC pada model gedung memberikan peningkatan kapasitas lateral sebesar 150% dan meperkecil simpangan maksimum sebesar 30% terhadap struktur tanpa perkuatan. Gaya aksial yang terjadi pada kabel CFC saat beban maksimum adalah 16% dari tegangan ultimate kabel. Sedangkan dari segi kinerja, struktur yang diperkuat dengan breising kabel CFC memiliki kapasitas lateral yang lebih tinggi dan taraf kerusakan yang lebih kecil, hal ini ditandai dengan struktur tanpa perkuatan masuk dalam level kinerja live safety (LS). Sedangkan ketika diberikan breising kabel CFC level kinerja berubah menjadi Immadiate Occupancy (IO).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Analisis Pushover, Breising Kabel CFC, Elemen frame dan kabel, kinerja struktur, beban gempa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11971

Actions (login required)

View Item View Item