UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Analisis Strategi Penanganan Risiko Pembengkakan Biaya pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus : Pelaksanaan Proyek Konstruksi di Kabupaten Jembrana)

Made Dwi Meiarthini Suparta, Made Dwi Meiarthini Suparta (2016) Analisis Strategi Penanganan Risiko Pembengkakan Biaya pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus : Pelaksanaan Proyek Konstruksi di Kabupaten Jembrana). Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
6dde722ab7123f559ad85becfc9d8dbc.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Archive (BAB I)
0a4fcad19d4af76d78d75ec4909752cf.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Archive (BAB II)
07623a5f33c0e3c21f0f768e0f799626.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Pelaksanaan proyek konstruksi sering mengalami ketidaksesuaian antara perencanaan awal dengan kondisi lapangan. Ketidaksesuaian ini akan menimbulkan kesalahan-kesalahan pada pelaksanaan proyek konstruksi yang dapat berimbas pada penambahan waktu dan biaya. Biaya yang tidak bisa dikendalikan pada saat pelaksanaan kemungkinan akan menimbulkan risiko pembengkakan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi penanganan risiko pembengkakan biaya pada pelaksanaan proyek konstruksi di Kabupaten Jembrana. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan teknik purposive sampling. Untuk mengetahui kelayakan kuesioner yang disebar, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel 2013. Seluruh hasil kuesioner akan ditabulasikan lalu dianalisis dengan menggunakan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Berdasarkan analisis dengan metode SWOT, maka diperoleh hasil indikator dari SWOT yang paling mempengaruhi risiko pembengkakan biaya pada pelaksanaan proyek konstruksi di Kabupaten Jembrana yaitu pada faktor internal variabel kekuatan yang memiliki bobot tertinggi adalah indikator pengalaman tenaga kerja sebesar 4.00, sedangkan variabel kelemahan yang memiliki bobot terendah adalah indikator pengendalian biaya yang buruk sebesar 2.15. Pada faktor eksternal variabel peluang yang memiliki bobot tertinggi adalah indikator ketersediaan bahan baku/material sebesar 4.43, sedangkan variabel ancaman yang memiliki bobot terendah adalah indikator penurunan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing sebesar 2.25. Hasil interaksi IFAS-EFAS (Internal Factor Analysis System - External Factor Analysis System) SWOT diperoleh empat kombinasi strategi penanganan risiko pembengkakan biaya yaitu strategi Strength-Opportunity (SO), strategi Weakness-Opportunity (WO), strategi Strength-Threat (ST), dan strategi Weakness-Threat (WT). Strategi yang tepat diterapkan untuk masing-masing variabel yang paling mempengaruhi risiko pembengkakan biaya yaitu, pada variabel kekuatan adalah strategi SO dan ST, variabel kelemahan adalah strategi WO dan WT, variabel peluang adalah strategi SO dan WO, dan variabel ancaman adalah strategi ST dan WT. Dari keempat strategi tersebut, strategi Strength–Opportunity (SO) mendapatkan nilai bobot tertinggi sebesar 4.34 dan digunakan sebagai usulan strategi terbaik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Analisis strategi, metode SWOT, risiko pembengkakan biaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11976

Actions (login required)

View Item View Item