UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Formulasi Ekstrak Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.Poir) Dengan variasi Polimer Sebagai Pengisi Tunggal Dalam Sediaan Tablet.

K. Sastra Negara, K. Sastra Negara (2016) Formulasi Ekstrak Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.Poir) Dengan variasi Polimer Sebagai Pengisi Tunggal Dalam Sediaan Tablet. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
0a171e3eec33f77d5f59a80bec71504d.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Archive (BAB I)
5ef7981adc6bbf8b4a589399c249f75c.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Archive (BAB II)
920766a6802f5c4b28740acaa18c8bb5.pdf - Published Version

Download (445kB)

Abstract

Salah satu permasalahan dalam pengembangan obat herbal menjadi sediaan tablet adalah kesulitan dalam menghasilkan sediaan yang memenuhi persyaratan sifat fisik dan pelepasan zat aktif obat. Penggunaan ekstrak sebagai bahan aktif obat memiliki kesulitan tersendiri, yang mana terdapat sifat fisikokimia dari ekstrak maupun dari kandungan yang terdapat pada ekstrak yang membuatnya sulit untuk diformulasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui polimer yang sesuai sebagai pengisi tunggal dalam sediaan tablet herbal sehingga menghasilkan tablet yang memenuhi persyaratan fisik dan disolusi sediaan tablet. Digunakan 3 variasi polimer sebagai bahan pengisi yaitu avicel® PH 102, natrium alginat dan amilum singkong Amilum singkong partialy pregelatinized dengan ekstrak ubi jalar ungu sebagai permodelan bahan aktif. Ekstrak ubi jalar ungu dikeringkan terlebih dahulu menggunakan aerosil dengan perbandingan 1 : 1 sebelum siap untuk dicetak. Pembuatan tablet dilakukan menggunakan metode kempa langsung dengan perbandingan ekstrak : eksipien yaitu 1 : 4. Tablet yang dihasilkan selanjutnya dievaluasi meliputi uji organoleptis, keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, waktu hancur, dan uji disolusi. Hasil menunjukkan bahwa dari seluruh pengujian sifat fisik tablet yang dilakukan, hanya tablet dengan bahan pengisi avicel® PH 102 yang memenuhi seluruh persyaratan uji sifat fisik. Dilihat dari laju disolusinya, tablet dengan bahan pengisi avicel® PH 102 memiliki kecepatan disolusi yang cukup baik yaitu >80% dalam 30 menit, meskipun lebih rendah dibanding pengisi amilum singkong partialy pregelatinized. Sehingga dapat disimpulkan perbedaan variasi polimer sebagai pengisi dapat menghasilkan tablet dengan sifat fisik dan profil disolusi yang berbeda. Formula yang menggunakan bahan avicel® PH 102 sebagai pengisi tunggal dipilih sebagai formula terpilih.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kempa langsung,pengisi,polimer,tablet herbal,ekstrak ubi jalar ungu,sifat fisik,laju disolusi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/11989

Actions (login required)

View Item View Item