UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Pengembangan Kuliner Bali untuk Mendukung Pariwisata Budaya di Ubud

Putu Diah Sastri Pitanatri, SST.Par, Putu Diah Sastri Pitanatri (2016) Pengembangan Kuliner Bali untuk Mendukung Pariwisata Budaya di Ubud. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
05f1595635efdd13df49b8936e846645.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Archive (BAB I)
a76511128e6d2656f3f947fcbd01611d.pdf - Published Version

Download (899kB)
[img] Archive (BAB II)
ead4f9286e37c342046fffb1afc25dad.pdf - Published Version

Download (853kB)

Abstract

Dalam dua dekade terakhir Ubud semakin populer sebagai destinasi wisata kuliner. Atribut baru ini tidak terlepas dari dedikasi pengusaha kuliner lokal yang menyajikan menu khas Bali kepada wisatawan. Wisatawan yang dulunya datang ke Ubud untuk menonton tari-tarian, berkunjung ke museum, ke galeri untuk membeli lukisan, kini mereka menikmati kuliner Bali, latihan memasak Bali, membeli bumbu dapur, dan bebek goreng crispy sebagai oleh-oleh khas Ubud. Melihat perkembangan Ubud mendapat atribut baru sebagai destinasi wisata kuliner, penelitian ini mengkaji beberapa aspek yaitu (1) perkembangan serta faktor-faktor yang mendukung kuliner Bali dapat berkembang di Ubud (2) tokoh dan usaha mereka di dalam mengembangkan kuliner Bali di Ubud dan (3) manfaat pengembangan kuliner bagi atribut pengembangan pariwisata budaya di Ubud. Kajian dilakukan secara kualitatif kritis menggunakan teori pariwisata budaya dan pariwisata berkelanjutan dengan mengupas aspek-aspek terkait seperti experience economy, generasi millennial, destination branding, invented tradition, fountain effect, community based tourism, dan tiga prinsip pariwisata keberlanjutan. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pengusaha kuliner dan narasumber lainnya yang terkait. Analisis data mempergunakan metode trianggulasi dan reduksi yang membandingkan hasil wawancara dengan kajian-kajian terkait. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, perkembangan Ubud sebagai destinasi kuliner Bali¸ didukung oleh faktor internal (people, product, produce, trails dan experience) serta faktor ekternal (market, financial support, dan events). Kedua, terdapat empat srikandi kuliner Ubud yang mendukung popularitas Ubud sebagai destinasi wisata kuliner yaitu Sang Ayu Mangku pemilik dari Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Anak Agung Oka Raka Sinar pemilik Babi Guling Bu Oka, Anak Agung Raka Sueni pemilik rumah makan Bebek Bengil dan Ni Luh Made Puspawati pemilik Paon Bali cooking class. Ketiga, pengembangan kuliner lokal tidak hanya mendukung implementasi tiga prinsip pariwisata berkelanjutan namun juga terhadap penguatan citra Ubud sebagai destinasi wisata budaya. Sebagai bentuk usaha milik masyarakat lokal, kuliner secara signifikan langsung berimplikasi terhadap tercapainya tiga prinsip pariwisata berkelanjutan, yaitu ekonomi, sosial budaya dan lingkungan. Masyarakat tidak lagi hanya mendapatkan “tetesan manfaat pariwisata” melalui trickle down effect namun fountain effect sebagai pelaku langsung yang mendapat manfaat terbesar dari penyelenggaraan wisata kuliner ini. Selain manfaat ekonomi, perkembangan Ubud menjadi destinasi kuliner juga mendukung atribut Ubud sebagai destinasi wisata budaya karena makanan adalah aspek penting budaya dan identitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: branding, kuliner Bali, invented tradition, destinasi kuliner, pariwisata berkelanjutan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/12002

Actions (login required)

View Item View Item