UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

ANALISIS KINERJA DAN ALTERNATIF PENGENDALIAN SIMPANG TUGU NGURAH RAI DENGAN BUNDARAN BERSINYAL DAN UNDERPASS

Ni Nyoman Rosita, Ni Nyoman Rosita (2016) ANALISIS KINERJA DAN ALTERNATIF PENGENDALIAN SIMPANG TUGU NGURAH RAI DENGAN BUNDARAN BERSINYAL DAN UNDERPASS. Masters thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
cce18ec8301886a7a7bbdb61907245dc.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Archive (BAB I)
17b24f40befd465a35385b8f128c218d.pdf - Published Version

Download (22kB)
[img] Archive (BAB II)
2aaf8832aff6cd96982bccd37cbc4225.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Sehubungan dengan pembangunan Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa yang sekarang disebut Jalan Tol Bali Mandara tersebut, maka diperlukan suatu analisis kinerja, khususnya kinerja simpang Tugu Ngurah Rai mengingat arus lalu lintas dari arah Denpasar melalui Benoa menuju Bandara Ngurah Rai akan bermuara pada simpang Tugu Ngurah Rai. Penambahan kaki simpang pada persimpangan Tugu Ngurah Rai tentunya akan menambah konflik baru pada persimpangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja Simpang Tugu Ngurah Rai eksisting dengan Bundaran, dan kinerja alternatif pengendalian simpang Tugu Ngurah Rai dengan bundaran bersinyal dan underpass. Metode penelitian analisis kinerja simpang Tugu Ngurah Rai melalui beberapa tahapan sistematis hingga dicapai tujuan penelitian yang telah ditetapkan. Dimulai dari pemilihan lokasi studi, identifikasi masalah dan penetapan tujuan dan selanjutnya dilakukan pengumpulan data primer dan data sekunder. Analisis kinerja simpang dilakukan dengan menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan kinerja bundaran Simpang Tugu Ngurah Rai pada kondisi eksisting tahun 2014 termasuk pada tingkat pelayanan C dengan nilai Derajat kejenuhan bundaran (DSR) adalah 0,652, Tundaan bundaran rata-rata DR adalah 10,802 det/smp, Peluang antrean bundaran QPR adalah 6% - 25%. Bundaran akan mencapai tingkat pelayanan D pada tahun 2019 dengan nilai tundaan 26,664 det/smp. Pada tingkat pelayanan D, kondisi arus di simpang pada jalan arteri sudah tidak stabil sehingga memerlukan manajemen pengaturan ulang simpang. Pengendalian lalu lintas pada Simpang Tugu Ngurah Rai dengan simpang bersinyal tidak dapat diterapkan karena nilai CaU = -331,08, sehingga diperlukan alternatif pengendalian yang lainnya yaitu underpass. Alternatif desain underpass arah utara-selatan pada tahun 2019 lebih baik dibandingkan dengan alternatif desain underpass arah timur-barat dengan derajat kejenuhan underpass (DSR) adalah 0,517; tundaan underpass rata-rata DR adalah 9,7118 det/smp; peluang antrean underpass QPR adalah 12% - 21% sehingga tingkat pelayanan underpass tahun 2019 adalah “B”. Simpang Tugu Ngurah Rai dengan underpass arah utara-selatan akan mencapai tingkat pelayanan D pada tahun 2026 dengan nilai tundaan 20,773 det/smp.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bundaran, tingkat pelayanan, underpass, kinerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/12005

Actions (login required)

View Item View Item