UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Karakteristik Traksi Sepeda Motor dengan Continuose Variable Transmission System

I DEWA GEDE ARY SUBAGIA, ST.,M.T,Ph.D , I DEWA GEDE ARY SUBAGIA (0000) Karakteristik Traksi Sepeda Motor dengan Continuose Variable Transmission System. Jurnal Energi Dan Manufaktur (JEM), 8. ISSN 2302-5255

[img] Archive
7437019d7e07b18f38d76481f2b55718.pdf

Download (366kB)

Abstract

Inovasi teknologi otomotif khususnya sepeda motor terus dikembangkan untuk mendapatkan kestabilan dan kenyamanan dalam pengendalian. Saat ini produsen sepeda motor telah memproduksi kendaraan yang memakai sistem transmisi otomatik. Transmisi otomatik merupakan sistem transmisi yang hanya membutuhkan pengendalian kecepatan dan pengendalian pengereman. Dari konsep tersebut telah dikembangkan sistem transmisi otomatik secara variabel yang disebut dengan Continously Variable Transmission (CVT) sistem. CVT pada sepeda motor menggunakan speed governor yang mengatur kedudukan atau diameter puli primer untuk merubah ratio transmisi sesuai dengan putaran mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berat roller sentrifugal yang terdapat dalam speed governor terhadap kinerja traksi. Kinerja traksi dianalisa dengan melakukan pemodelan matematik dengan kendaraan model sepeda motor Nouvo 115 cc, 4 tak. Sebagai parameter input pada perhitungan meliputi : kecepatan (V = 0-30 km / jam, V = 40-70 km / jam, dan V = 80-90 km / jam), torsi mesin, berat roller sentrifugal, dinamika kendaraan (gaya berat, gaya hambat, dsb). Untuk dapat menjawab permasalahan yang timbul dilakukan penelitian dengan mempergunakan metode simulasi yang dibandingkan dengan pengujian di jalan lurus datar. Dari hasil simulasi dan eksprimen dilapangan didapat : untuk berat roller sentrifugal 8 gr kinerja traksi terbesar terjadi pada kecepatan rendah sehingga akselerasi pada kecepatan rendah paling cepat dibandingkan dengan roller sentrifugal 10,2 (standar) atau 12 gr. Sedangkan dengan berat roller sentrifugal 12 gr akan didapat kinerja traksi terbesar pada kecepatan tinggi sehingga kendaraan akan mudah dipercepat pada kecepatan tinggi tersebut, dan untuk roller sentrifugal 10,2 gr (standar) memiliki kinerja traksi diantara roller sentrifugal 8 gr dan 12 gr.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CVT Sistem, Sepeda motor, Kinerja traksi, Simulasi, Roller Sentrifugal, Speed Governor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 21:58
Last Modified: 21 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/6607

Actions (login required)

View Item View Item