UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JKBM TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KLUNGKUNG TAHUN 2014

Ade Rolan, Ade Rolan (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JKBM TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KLUNGKUNG TAHUN 2014. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
f823b7dd31a22a6bd7aa8f13efc7bf1b.pdf - Published Version

Download (612kB)
[img] Archive (BAB I)
564ccb71764000f9e452100f8f9093f0.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Archive (BAB II)
701e3c8ea701d2139571d45540ebf92b.pdf - Published Version

Download (144kB)

Abstract

Abstrak Fokus penelitian ini adalah pengaruh kualitas pelayanan JKBM terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung tahun 2014 dengan rumusan masalah seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan JKBM terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan antara dua variabel. Populasi pada penelitian ini adalah pasien yang menggunakan layanan JKBM di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung yang berjumlah 138 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 103 responden. Indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan JKBM dalam penelitian ini diperoleh dari teori Lenvinne (1990) yang berisi 3 indikator antara lain : responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas, serta 4 faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan menurut Freddy Rangkuti (2006) antara lain : nilai, daya saing, persepsi pelanggan, tahapan pelayanan dan momen pelayanan. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknis analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh hasil Y = 4,115 + 0,388 X1 yang berarti tinggi rendahnya kualitas pelayanan JKBM dipengaruhi oleh kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung. Hasil analisis korelasi sederhana (R) sebesar 0,866 bernilai positif atau searah, uji T-tes dengan hasil perhitungan thitung sebesar 17,417 lebih besar dari ttabel yaitu 1,658 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan “Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan JKBM terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung tahun 2014” sebesar 75% sedangkan sisanya sebesar 25% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi hipotesis peneliti menyatakan bahwa “Terdapat Pengaruh antara Kualitas Pelayanan JKBM Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung Tahun 2014” sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan atau dapat dikatakan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan JKBM, Kepuasan Pasien Rawat Inap
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/8282

Actions (login required)

View Item View Item