UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PROSEDUR PENANGANAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BERMASALAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. UNIT DALUNG KANTOR CABANG DENPASAR GATOT SUBROTO

Anak Agung Irma Wulandari, ANAK AGUNG IRMA WULANDARI (2015) PROSEDUR PENANGANAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BERMASALAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. UNIT DALUNG KANTOR CABANG DENPASAR GATOT SUBROTO. Diploma thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
91608b4fb487ea7b40ec7c6d1541542c.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Archive (BAB I)
76977806cc0c26475c2dd6cc848d9775.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Archive (BAB II)
97e6120bd3fe05c3e9f62c2e09f5c016.pdf - Published Version

Download (251kB)

Abstract

Judul : Prosedur Penanganan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bermasalah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Dalung Kantor Cabang Denpasar Gatot Subroto. Nama : A.A Irma Wulandari NIM : 1206023012 ABSTRAK Kredit dalam arti luas diartikan sebagai kepercayaan. Maksud dari percaya bagi si pemberi kredit adalah ia percaya kepada si penerima kredit bahwa kredit yang disalurkan pasti akan dikembalikan sesuai perjanjian. Akan tetapi dalam perkembangan tidak semua kredit yang disalurkan bisa berjalan dengan lancar. Hal ini membuat lembaga keuangan lebih menerapkan prinsip kehati-hatian atas seluruh permohonan kredit yang diterima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penangan kredit usaha rakyat (KUR) bermasalah pada PT. BRI Unit Dalung Kantor Cabang Denpasar Gatot Subroto. Dalam penelitian yang dilakukan, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Semua data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif komparatif. Pada PT. BRI Unit Dalung Kantor Cabang Denpasar Gatot Subroto kredit bermasalah tergolong menjadi tiga yaitu kurang lancar, diragukan, dan macet. Dalam penanganan kredit bermasalahnya meliputi tiga hal yaitu pembinaan, penyelamatan, dan penyelesaian. Menurut Sutarno (2009: 265) untuk menyelesaikan kredit bermasalah ada dua strategi yang dapat ditempuh yaitu penyelamatan dan penyelesaian sedangakan PT. BRI Unit Dalung Kantor Cabang Denpasar Gatot Subroto dalam penanganan kredit bermasalahnya meliputi tiga hal yaitu pembinaan, penyelamatan, dan penyelesaian. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis dapat memberikan saran-saran sebagai berikut. Diharapkan agar semua pihak pada PT. BRI Unit Dalung Kantor Cabang Denpasar Gatot Subroto terus meningkatkan kinerja dan lebih memperhatikan lagi prosedur penanganan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bermasalah guna menghindari peningkatan Persentase Kredit Usaha Rakyat (KUR) bermasalah. Kata kunci : prosedur, penanganan kredit usaha rakyat bermasalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: prosedur, penanganan kredit usaha rakyat bermasalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/8503

Actions (login required)

View Item View Item