UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

ANALISIS KINERJA PELAYANAN SPA DI KABUPATEN BADUNG DAN GIANYAR

Dewa Ayu Laksmiadi Janapriati, Dra. Dewa Ayu Laksmiadi Janapriati, M.Par (2015) ANALISIS KINERJA PELAYANAN SPA DI KABUPATEN BADUNG DAN GIANYAR. Doctoral thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
cb35f3320e3e707a91e92650ca435271.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Archive (BAB I)
02d1242ece4abb24724473c6b4e2ce97.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Archive (BAB II)
a802dad44a88d7ccf4c5d07a312ff15a.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS KINERJA PELAYANAN SPA DI KABUPATEN BADUNG DAN GIANYAR Sepuluh tahun terakhir ini spa sebagai salah satu produk dari pariwisata kebugaran berkembang sangat cepat di Bali, sehingga diperlukan strategi pengembangan yang sesuai dengan kondisi Bali. Pesatnya perkembangan tersebut membuka momentum bagi bisnis spa di Bali, walaupun di sisi eksternalnya bisnis ini akan berkompetisi dengan lingkungan perdagangan internasional untuk mengambil keuntungan dan menciptakan prospek pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dalam upaya mempertahankan dan terus mengembangkan kualitas sebagai destinasi spa terbaik di dunia, maka diperlukan strategi yang tepat untuk membuat kreasi dan inovasi produk penunjang spa di Bali. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu kajian yang terintegrasi tentang sejauh mana pengaruh dari pemanfaatan sumber daya alam, sumber daya manusia dan kearifan lokal terhadap kinerja pelayanan spa di Bali dan metoda untuk memanfaatkan sumber daya alam, sumber daya manusia dan kearifan lokal Bali dalam pengembangan spa di Bali. Rancangan penelitian dan metoda pendekatan masalah yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan desain diskriptip, dimana perencanaan dan pelaksanaan penelitian yang dilakukan berupa pengambilan data lapangan berupa survei, kuesioner dan pengolahan data secara statistik. Populasi target dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga, yakni: perusahaan atau tempat yang menawarkan jasa spa, produsen pendukung jasa spa dan wisatawan baik mancanegara maupun domestik yang menggunakan jasa layanan spa di Kabupaten Badung dan Gianyar, dengan asumsi dua Kabupaten tersebut dapat mewakili populasi wisatawan ke Bali. Berdasarkan penelitian diketemukan beberapa hal yakni secara keseluruhan kinerja layanan jasa spa di Bali ditinjau dari pemanfaatan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan kearifan lokal Bali, khususnya ditinjau dari (1) suasana (ambience), (2) peralatan dan desain, (3) kualifikasi dan keterampilan therapist, (4) menu treatment, dan (5) kualitas jasa layanan (service) secara keseluruhan telah menunjukkan kinerja yang baik. Harapan konsumen terhadap indikator pelayanan spa ditinjau dari pemanfaatan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan kearifan lokal Bali, khususnya ditinjau dari (1) suasana (ambience), (2) peralatan dan desain, (3) kualifikasi dan keterampilan therapist, (4) menu treatment, dan (5) kualitas jasa layanan (service) secara keseluruhan telah menunjukkan nilai kategori penting. Kata Kunci: Spa, sumber daya alam lokal, Bali, pengembangan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Spa, sumber daya alam lokal, Bali, pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/9121

Actions (login required)

View Item View Item