UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH AKIBAT PERBUATAN MELAWAN HUKUM OLEH BANK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN: STUDI PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH BALI

Adyt Dimas Prasaja Utama, ADYT DIMAS PRASAJA UTAMA (2015) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH AKIBAT PERBUATAN MELAWAN HUKUM OLEH BANK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN: STUDI PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH BALI. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
62cfee442d40a1eba6d3c5e49af1a9de.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Archive (BAB I)
0fded6be44445511837cc0dcfbcca76d.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Archive (BAB II)
7eab41d132df950d40d44fc80244764b.pdf - Published Version

Download (231kB)

Abstract

Adanya hubungan timbal balik antara nasabah dengan pihak bank dapat menimbulkan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh bank. Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, memberikan konsekuensi logis terhadap pelayanan jasa bank sehingga terciptanya perlindungan hukum terhadap nasabah akibat perbuatan melawan hukum oleh bank. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian empiris, menggunakan pendekatan fakta dan pendekatan perundang-undangan. Skripsi ini membahas dua permasalahan hukum yaitu: Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap nasabah bank akibat perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh bank berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen ? dan Bagaimanakah pelaksanaan pertanggungjawaban bank terhadap nasabah yang dirugikan akibat perbuatan melawan hukum oleh bank? Hasil penelitian menunjukkan, perlindungan hukum terhadap nasabah bank akibat perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh bank menggunakan teori perlindungan hukum preventif yang dibuktikan dengan adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur dan prinsip pelaksanaan pertanggungjawaban bank adalah pelaku usaha jasa keuangan wajib bertanggung jawab atas kerugian konsumen yang timbul akibat kesalahan dan/atau kelalaian, pengurus, pegawai pelaku usaha jasa keuangan dan/atau pihak ketiga yang bekerja untuk kepentingan pelaku usaha jasa keuangan. Berdasarkan survey di lapangan, mekanisme pelaksanaan pertanggungjawaban bank terhadap nasabah yang dirugikan akibat perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh bank diawali dengan pengumpulan data, pengumpulan saksi-saksi, survey lapangan, membuat laporan kemudian direksi mengeluarkan putusan dengan mempertimbangkan rekomendasi dari Tim Pertimbangan Hukuman Jabatan yang digunakan untuk memberi sanksi kepada pegawai yang telah terbukti bersalah dan terakhir konsumen pengguna jasa bank yang dirugikan tersebut memperoleh ganti rugi dari pihak bank.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bank, Nasabah, Perbuatan Melawan Hukum, Perlindungan Konsumen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/9393

Actions (login required)

View Item View Item