UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Sistem Pendidikan pada Zaman Shouwa di Jepang dalam Novel Nijushi No Hitomi Karya Sakae Tsuboi

Agustine Cindy Amelia Meda, Agustine Cindy Amelia Meda (2015) Sistem Pendidikan pada Zaman Shouwa di Jepang dalam Novel Nijushi No Hitomi Karya Sakae Tsuboi. Bachelor thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
acd28e512fe0e85d2d559e9137fbfe00.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Archive (BAB I)
79fe714d6f05e17eb7e6a687758be50e.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Archive (BAB II)
5603ed6718b49475436534541590fcf9.pdf - Published Version

Download (278kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sistem Pendidikan Zaman Shouwa di Jepang dalam Novel Nijushi no Hitomi Karya Sakae Tsuboi”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan dampak dari sistem pendidikan dalam novel Nijushi no Hitomi karya Sakae Tsuboi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan metode informal. Teori yang digunakan adalah teori sosiologi sastra dari Wellek dan Werren, dan teori sosiologi pendidikan dari R.J Stalcup. Selain itu, digunakan pula konsep pendidikan militer dari Irish Chang. Hasil dari penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu penerapan sistem pendidikan pada zaman Shouwa dan dampak pendidikan pada zaman Shouwa. Penerapan sistem pendidikan pada zaman Shouwa di Jepang dalam novel Nijushi no Hitomi karya Sakae Tsuboi, dibagi ke dalam tingkatan 1) pendidikan sekolah dasar 2) pendidikan sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas 3) perguruan tinggi dan 4) pendidikan militer. Dampak sistem pendidikan pada zaman Shouwa di Jepang, yaitu 1) dampak di tingkat sekolah dasar yaitu penanaman kehidupan berkelompok, penanaman nilai kemandirian, ditanamkannya nilai cinta tanah air, meratanya pendidikan, tidak ada buta huruf, dan bertambahnya minat belajar, 2) dampak di tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas yaitu meningkatnya kesadaran meneruskan pendidikan ke jenjang sekolah menengah, 3) dampak perguruan tinggi yaitu bertambahnya sumber daya manusia berkualitas dan 4) dampak pendidikan militer yaitu tumbuhnya rasa untuk membela negara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: sosiologi pendidikan, sistem pendidikan, dampak sistem pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/9714

Actions (login required)

View Item View Item