UNUD Open Repository

UNUD Open Repository provides access and discovery to the University of Udayana publications and digital collections. It contains digitized and digital version of theses, dissertations, research reports, and articles produced by academic communities in this university.

Hubungan Interaksi Sosial dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Program A Semester VIII Fakultas Kedokteran universitas Udayana

Anak Agung Febby Jayantari, Anak Agung Febby Jayantari (2015) Hubungan Interaksi Sosial dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Program A Semester VIII Fakultas Kedokteran universitas Udayana. Diploma thesis, Universitas Udayana.

[img] Archive (ABSTRAK)
954d7b047a3e7eea0fc38b1b3f1d4446.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Archive (BAB I)
d5f3d89a10644197925ac83e88003477.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Archive (BAB II)
e68c59d7bc779757fdc4630bdc774811.pdf - Published Version

Download (360kB)

Abstract

Febby, J. 2014. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Program A Semester VIII Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Tugas Akhir, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar. Pembimbing (1) Drs. I Made Widastra, S.kep, Ners, M.Pd (2) A.A. N. Tarumawijaya, S.KM. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungannnya. Interaksi Sosial adalah suatu hubungan antara individu atau lebih, di mana kelakuan individu yang satu mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya. Motivasi belajar mahasiswa adalah suatu keadaan pada diri mahasiswa yang mendorong dan mengarahkan prilakunya kepada tujuan yang ingin dicapainya dalam mengikuti pendidikan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan interaksi sosial dengan motivasi belajar mahasiswa keperawatan program A semester VIII Fakultas kedokteran Universitas Udayana. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel adalah 86 orang dengan teknik sampling yaitu total sampling.Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu korelasi product moment (p≤ 0,05). Hasil penelitian menunjukkan nilai p sebesar 0,000 yng berarti p≤ 0,05 sehinga Ha diterima dan nilai correlation coeffecient 0,493 yang artinya terdapat arah hubungan yang positif. Adanya hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi mahasiswa untuk meningkatkan interaksi sosial dengan teman-temannya di lingkungan kampus untuk meningkatkan motivasi belajarnya dalam menjalani proses belajar di kampus. Kata kunci: Belajar, Interaksi Sosial, Motivasi Belajar Mahasiswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Belajar, Interaksi Sosial, Motivasi Belajar Mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Mr. Repository Admin
Date Deposited: 07 Jun 2016 24:58
Last Modified: 24 Jun 2016 05:58
URI: http://erepo.unud.ac.id/id/eprint/9945

Actions (login required)

View Item View Item