PENGARUH PENDIDIKAN, JENIS KELAMIN, DAN STATUS PEKERJAAN TERHADAP PENDAPATAN PEKERJA DI BALI

Dr. I Gede Wardana, S.E, M.Si., I Gede Wardana and Dr. Dra. Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, SE., M.S., Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni (2019) PENGARUH PENDIDIKAN, JENIS KELAMIN, DAN STATUS PEKERJAAN TERHADAP PENDAPATAN PEKERJA DI BALI. e-journal ekonomi pembangunan universitas udayana, 8 (9). ISSN 2303 - 0178

[img] Archive
5ad02e942a4c85a0491ce157c56f2f34.pdf - Published Version

Download (518kB)

Abstract

Keberhasilan pembangunan dapat diukur dari tingkat kesejahteraan penduduknya.
Tingkat kesejahteraan identik dengan pendapatan, jika pendapatan masyarakatnya tinggi, maka
tingkat kesejahteraannya pun juga tinggi. Tinggi rendahnya tingkat pendapatan dipengaruhi oleh
beberapa faktor seperti pendidikan, jenis kelamin, dan status pekerjaan. Tingkat kesejahteraan juga
dapat dilihan dari meratanya distribusi pendapatan. Namun di Provinsi Bali distribusi pendapatan
masih belum merata antara kabupaten dan kota satu dengan lainnya. Tujuan dilakukannya
penelitian ini adalah untuk mengetahui secara serempak maupun parsial pengaruh pendidikan,
jenis kelamin, dan status pekerjaan terhadap pendapatan pekerja di Provinsi Bali. Analisis regresi
linier berganda merupakan teknik analisis data yang digunakan, sedangkan sumber data dalam
penelitian ini menggunakan data primer. Secara simultan pendidikan, jenis kelamin, dan status
pekerjaan secara serempak berpengaruh terhadap pendapatan pekerja di Provinsi Bali. Secara
parsial pendidikan, jenis kelamin, dan status pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
pendapatan pekerja di Provinsi Bali.

Kata Kunci: pendidikan, jenis kelamin, status pekerjaan, pendapatan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: USDI USDI Universitas Udayana
Date Deposited: 20 Jul 2020 12:24
Last Modified: 20 Jul 2020 12:24
URI: https://erepo.unud.ac.id/id/eprint/30745

Actions (login required)

View Item View Item