PENINGKATAN KINERJA LAYANAN PARIWISATA DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA TULAMBEN KECAMATAN KUBU KABUPATEN KARANGASEM

Made Sukana, SST.Par, M.Par., MBA, MADE SUKANA and Apni Tristia Umiarti,S.Pt.,M.Si., Apni Tristia Umiarti and Nyoman Ariana, SST.Par, M.Par., NYOMAN ARIANA (2016) PENINGKATAN KINERJA LAYANAN PARIWISATA DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA TULAMBEN KECAMATAN KUBU KABUPATEN KARANGASEM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Udayana Mengabdi, 15 (2). ISSN 1412-0925

[img] Archive
e194269d73d569c557a1e85e16db6474.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Desa Tulamben merupakan salah satu desa yang berlokasi di timur laut Pulau Bali. Desa ini terkenal dengan lokasi penyelaman berupa bangkai kapal USAT Glo Liberty. Masyarakat lokal sudah berpartisipasi dalam memberikan layanan pariwisata sejak tahun 1970-an. Mereka perlu untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan wisata bahari dan keterampilan hospitaliti. Lebih lanjut, pertumbuhan pariwisata Tulamben memberikan peluang yang sangat baik bagi pengembangan ekonomi perempuan lokal. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, program pengabdian masayarakat ini menggunakan pendekatan total quality management dan social entrepreneurship.
Hasil yang dicapai dari kegiatan KKN-PPM di Desa Tulamben meliputi:1) membentuk Badan Promosi Wisata Bahari; 2) meningkatkan kemampuan masyarakat lokal dalam mempromosikan potensi wisata bahari; 3) Membuat laman (website) objek dan daya tarik wisata ; 4) Meningkatkan keterampilan komunikasi berbahasa Inggris bagi pengusung peralatan menyelam; 5) untuk memenuhi standar layanan dan efisiensi biaya untuk meningkatkan kepuasan wisatawan; 6) membangun papan informasi bangkai kapal (shipwreck) , papan penunjuk objek dan daya tarik wisata, dan kode etik wisatawan; 7) membentuk organisasi Simpan Pinjam bagi Perempuan (SPP); 8) mengembangkan jiwa kewirausahaan dan keberanian untuk membuka usaha baru; 9) meningkatkan keterampilan usaha kuliner; 10) mengembangkan keterampilan usaha kerajinan untuk cinderamata; 11) meningkatnya produktifitas hasil ternak dan pertanian masyarakat lokal; dan 12) mewujudkan jaringan dan sinergi usaha lokal dengan lembaga pemerintah, swasta, dan perbankan.
Kata kunci: Kinerja Layanan Pariwisata, Pemberdayaan Perempuan, Total Quality Management, Social Entrepreneurship, Desa Tulamben

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: USDI USDI Universitas Udayana
Date Deposited: 20 Jul 2020 12:24
Last Modified: 20 Jul 2020 12:24
URI: https://erepo.unud.ac.id/id/eprint/5598

Actions (login required)

View Item View Item